Pengaruh Model Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya untuk Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i5.5984Keywords:
Media pembelajaran, Prakarya, MDLCAbstract
Media pembelajaran merupakan alat atau perantara yang berguna untuk memperlancar proses belajar mengajar serta memperlancar komunikasi antara guru dan siswa Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran prakarya dan mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan Metodologi yang dipakai dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah MDLC Multimedia Development Life Cycle pengujian media pembelajaran meliputi pengujian apla testing dan beta testing Pengujian alpa testing dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi dan untuk pengujian beta testing dilakukan secara langsung yang meliputi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sonder Hasil dari penelitian adalah telah dikembangkan media pembelajaran prakarya Pengujian alpa testing yang melibatkan ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa media pembelajara ini baik dengan rata rata skor 3 60 dari ahli media dan ahli materi menyatakan baik dengan rata rata skor 3 21 sedangkan untuk pengujian beta testing yang melibatkan 25 siswa sebagai responden memberi skor dengan rata rata 3 60 dengan kategri baik Sehinnga media pembelajaran ini layak digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar < em>< p>
References
Adilah A N Minsih M 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 6 3 5076 5085 https: doi org 10 31004 basicedu v6i3 3026
Afriani L Fitria Y 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 4 2141 2148 https: doi org 10 31004 edukatif v3i4 1171
Agustina A 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Physics Pocket Book Bermuatan Local Wisdom Pada Materi Momentum Dan Impuls https: idr uin antasari ac id 18417 0Ahttp: idr uin antasari ac id 18417 2 AWAL pdf
Ali A M 2018 Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Prenada Media Arsyad A 2015 Media pembelajaran
Aswirna P Wahyudi Hurriyah Amalina 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Pada Materi Kalor Perpindahan Kalor Serta Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6 1 66 80
Hayes C Hardian H Sumekar T 2017 Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda Jurnal Kedokteran Diponegoro 6 2 402 416
Jamun M Y 2018 Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan 10 48 52
Kusnulyaningsih D Husniati H Jiwandono I S 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Berasis Video Animasi pada Muatan Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV SDN 39 Mataram Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 2 480 486
Luther 1994 Authoring Interactive Multimedia Academic Press
Mulyani F Haliza N 2021 Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Iptek Dalam Pendidikan Jurnal Pendidikan Dan Konseling JPDK 3 1 101 109 https: doi org 10 31004 jpdk v3i1 1432
Mustika M Sugara E P A Pratiwi M 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Jurnal Online Informatika 2 2 121 https: doi org 10 15575 join v2i2 139
Nurrita T 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MISYKAT: Jurnal Ilmu Ilmu Al Quran Hadist Syari ah Dan Tarbiyah 3 1 171 https: doi org 10 33511 misykat v3n1 171
Rurut M Waworuntu J Komansilan T 2022 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE DI SEKOLAH DASAR Edutik 2 2 52 64
Sari N A 2022 Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Materi Momentum Dan Impuls Jurnal Luminous: Riset Ilmiah 3 1 161 162
https: jurnal univpgri palembang ac id index php luminous article view 6466
Sarwono R 2022 Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12 1 69 73 https: doi org 10 24246 j js 2022 v12 i1 p69 73
