Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6307Keywords:
Model Pembelajaran PJBL, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas siswa kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon dengan melalui penerapan model pembelajaran PJBL Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKJ 2 SMK Kristen 1 Tomohon yang terdiri dari 32 orang siswa Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 8 kali pertemuan Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Data yang di ambil dalam penelitian in mencakup data tentang hasil belajar siswa dari ranah psikomotorik keterampilan Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas siswa kelas XI TKJ 2 SMK Kristen 1 Tomohon Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa sebesar 71 88 sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa meningkat menjadi 90 62 Dengan demikian penerapan model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas siswa kelas XI TKJ 2 SMK Kristen 1 Tomohon < em>< p>
References
Al Tabany T I B 2017 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif dan konteksual Prenada Media
Arikunto S 2013 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik
Dimyati Mudjiono 1999 Belajar dan pembelajaran Rineka Cipta
Grant M M 2002 Getting a grip on project based learning: Theory cases and recommendations Meridian: A middle school computer technologies journal 5 1 83
Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran multi pressindo
Kosasih E 2014 Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013 Bandung: Yrama Widya 170
Mainti S Mewengkang A Takaredase A 2022 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 4 555 564
Muda D F I Rompas P T D Batmetan J R 2022 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 4 544 554
Resti K Y Alizamar A 2019 Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan Jurnal Basicedu 3 2 591 597
Sumoked S N Sangkop F I Togas P V 2021 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 332 334
Sutirman 2013 Media dan Model model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Graha Ilmu:
Susilo H 2008 Penelitian Tindakan Kelas Malang: Bayu Media
