Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon

Authors

  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Anisa Fitri Umar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6307

Keywords:

Model Pembelajaran PJBL, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas siswa kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon dengan melalui penerapan model pembelajaran PJBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI TKJ 2 SMK Kristen 1 Tomohon yang terdiri dari 32 orang siswa. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 8 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang di ambil dalam penelitian in mencakup data tentang hasil belajar siswa dari ranah psikomotorik (keterampilan). Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas siswa kelas XI TKJ 2 SMK Kristen 1 Tomohon. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa sebesar 71,88%, sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar keterampilan siswa meningkat menjadi 90,62%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas siswa kelas XI TKJ 2 SMK Kristen 1 Tomohon.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Grant, M. M. (2002). Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A middle school computer technologies journal, 5(1), 83.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. multi pressindo.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 170.

Mainti, S., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 555-564.

Muda, D. F. I., Rompas, P. T. D., & Batmetan, J. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 544-554.

Resti, K. Y., & Alizamar, A. (2019). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Basicedu, 3(2), 591-597.

Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 332-334.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu:

Susilo, H. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Paat, W. R. L., Palilingan, V. R., & Umar, A. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 796-805. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6307