Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6308Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan DasarAbstract
Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano menggunakan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan dalam satu siklus. Data diperoleh dari setelah dilakukan Tindakan berupa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal ≥75 dan presentase ketuntasan belajar paling sedikit 80% dari siswa yang tuntas belajar. Subjek dalam penelitan ini yaitu siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano yang berjumlah 23 siswa. Pada kondisi awal diberikan pre-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum menggunakan model Project Based Learning. Berdasarkan data yang diperoleh pada saat pre-test hanya 5 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 22%. Pada siklus I dengan menggunakan model Project Based Learning terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa dinyatakan tuntas dengan presentase ketuntasan 65%. Sedangakan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, sebanyak 22 siswa dinyatakan lulus dengan presentase ketuntasan 96%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano.
References
Daryanto, M. R. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: gava media.
Daryanto, D. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Ginting, A. (2012). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran (Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen). Bandung: Humaniora.
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajaran terpadu. Yogyakarta: Familia.
Haris, A., & Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Irawan, B. (2005). Jaringan komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu, 15.
Kakansing, W. (2011). Metodologi Penelitian. Malang: Wineka Media.
Mulyatiningshi, E. (2013). Metode Penelitian Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saitifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Siniakon, R., Mintjelungan, M. M., & Mewengkang, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan WAN Siswa Kelas SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 342-349.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.