Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Wensi Ronald Lesli Paat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Sharon Lolowang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6308

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan Dasar

Abstract

Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano menggunakan model Project Based Learning Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan dalam satu siklus Data diperoleh dari setelah dilakukan Tindakan berupa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal 75 dan presentase ketuntasan belajar paling sedikit 80 dari siswa yang tuntas belajar Subjek dalam penelitan ini yaitu siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano yang berjumlah 23 siswa Pada kondisi awal diberikan pre test untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sebelum menggunakan model Project Based Learning Berdasarkan data yang diperoleh pada saat pre test hanya 5 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 22 Pada siklus I dengan menggunakan model Project Based Learning terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa dinyatakan tuntas dengan presentase ketuntasan 65 Sedangakan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat sebanyak 22 siswa dinyatakan lulus dengan presentase ketuntasan 96 Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar komputer dan jaringan dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Tondano < em>< p>

References

Daryanto M R 2012 Model pembelajaran inovatif Yogyakarta: gava media

Daryanto D 2014 Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum 2013 Yogyakarta: Gava Media

Ginting A 2012 Esensi Praktis Belajar Pembelajaran Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru Dosen Bandung: Humaniora

Hamalik O 2006 Proses belajar mengajar

Hardini I Puspitasari D 2012 Strategi pembelajaran terpadu Yogyakarta: Familia

Haris A Jihad A 2013 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo

Irawan B 2005 Jaringan komputer Yogyakarta: Graha Ilmu 15

Kakansing W 2011 Metodologi Penelitian Malang: Wineka Media

Mulyatiningshi E 2013 Metode Penelitian Bidang Pendidikan Bandung: Alfabeta

Sahempa S Togas P V Palilingan V R 2021 Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 1 12

Sani R A 2014 Pembelajaran Saitifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta: Bumi Aksara

Siniakon R Mintjelungan M M Mewengkang A 2021 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan WAN Siswa Kelas SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 342 349

Sudjana N 2006 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono A 2009 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 766 774. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6308