Pengaruh Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • Jeffry Ramba Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6312

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mopuya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data sistem pembelajaran daring dan tes untuk mendapatkan data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis Pearson Produck Moment dan uji t. pengujian analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara sistem pembelajaran daring dengan hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mopuya dengan perolehan hasil pearson produck moment adalah koefisien korelasi (r ) sebesar 0,853 dengan siginifikansi 0,000 dan korelasi tersebut siginifikan karena p 0.05 atau 0.000 0.05 dan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa p = 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima (0,853 > 0,05). Besarnya sumbangan variabel sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas di pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mopuya adalah sebesar 69,72 atau sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi kajian dalam penelitian ini fasilitas belajar, metode pembelajaran dan lain sebagainya.

References

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Hasanah. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1 No.1.

Kaparang, D. R., Suatan, Y. G., & Togas, P. V. (2022). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 345-358.

Khusniyah, N., L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, Vol. 1 No.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413–423.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Sofyana & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 8 N.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ramba, J., Waworuntu, J., & Togas, P. V. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Mopuya. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 828-835. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6312