Pengaruh Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • Jeffry Ramba Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6312

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mopuya Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data sistem pembelajaran daring dan tes untuk mendapatkan data hasil belajar Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis Pearson Produck Moment dan uji t pengujian analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 24 Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara sistem pembelajaran daring dengan hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mopuya dengan perolehan hasil pearson produck moment adalah koefisien korelasi r sebesar 0 853 dengan siginifikansi 0 000 dan korelasi tersebut siginifikan karena p < em> < em> 0 05 atau 0 000 < em> < em> 0 05 dan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa p = 0 000 lt; 0 05 sehingga H1 diterima 0 853 gt; 0 05 Besarnya sumbangan variabel sistem pembelajaran daring terhadap hasil belajar teknologi jaringan berbasis luas di pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mopuya adalah sebesar 69 72 atau sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi kajian dalam penelitian ini fasilitas belajar metode pembelajaran dan lain sebagainya < em>< p>

References

Arikunto S 2010 Metode peneltian Jakarta: Rineka Cipta

Handarini O I Wulandari S S 2020 Pembelajaran daring sebagai upaya study from home SFH selama pandemi covid 19 Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP 8 3 496 503

Hasanah 2020 Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID 19 Jurnal Pendidikan 1 No 1

Kaparang D R Suatan Y G Togas P V 2022 Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 345 358

Khusniyah N L Hakim L 2019 Efektivitas pembelajaran berbasis daring: Sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Vol 1 No

Pratama L D Lestari W Astutik I 2020 Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid 19 AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9 2 413 423

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Sofyana Abdul 2019 Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika Volume 8 N

Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R B Alfabeta

Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung Alfabeta

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Pengaruh Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Teknik Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Mopuya. (2022). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 788 795. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6312