Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Mobile di SMP Kristen Tondangow
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6339Keywords:
Media Pembelajaran, IPS, Model Prototype, MobileAbstract
SMP Kristen Tondangow adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi anak bangsa supaya bisa bersaing ditingkat dunia. Untuk memenuhi tujuan tersebut Lembaga Pendidikan perlu mengembangkan media pembelajaran yang mampuh embangkitkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis android pada Kondisi Geografis Negara – Negara ASEAN kelas VIII di SMP Kristen Tondangow. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prototype. Tahapan yang dilakukan yaitu, Pengumpulan kebutuhan, Perancangan, Evaluasi Prototype. media pembelajaran IPS berbasis mobile di SMP Kristen Tondangow ini memiliki tingkat kelayakan dan kemenarikan produk pada kriteria baik, hal ini dibuktikan dengan respon siswa dan guru dalam kriteria baik. Berdasarkan data hasil yang diperoleh maka media pembelajaran IPS berbasis mobile di SMP Kristen Tondangow kelas VIII dapat dikatakan layak untuk diterapkan di sekolah.
References
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Darmawan, D. (2016). Mobile learning: Sebuah aplikasi teknologi pembelajaran.
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93-116.
Erkan, A. (2019). Impact of Using Technology on Teacher-Student Communication/Interaction: Improve Students Learning. World Journal of Education, 9(4), 30-40.
Fu, J. (2013). Complexity of ICT in education: A critical literature review and its implications. International Journal of education and Development using ICT, 9(1), 112-125.
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Informatika, 8(1), 36-44.
Setiyaningsih, Y. (2021). Pengertian Adobe Photoshop
Siswoyo, J. (2015). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Pokok Bahasan Luas Bangun Datar Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sinduadi Mlati Sleman. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(1).
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi Revisi). Bandung: Informatika Bandung, 31œ33.
Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar: Yogyakarta. Penerit Ombak.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan software macromedia flash 8 sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793.
Wati, R. E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Wonggo, D., Olii, D., & Kenap, A. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Digital Berbasis Android di Prodi PTIK Unima. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 100-112.
Yurindra. (2017). Software Engineering. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.