Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Authors

  • Ifrandi Bagit Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6341

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Simulasi dan Komunikasi Digital

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam proses pembangunan nasional yang menentukan pertumbuhan suatu bangsa Di Indonesia di mana jumlah penduduknya besar pendidikan dipandang sebagai kebutuhan mendasar bagi mereka yang ingin maju Model pembelajaran berbasis proyek dipilih karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri mengembangkan pengetahuannya sendiri lebih realistis dan menciptakan sesuatu Tugas tugas kompleks berdasarkan pertanyaan atau masalah disediakan oleh model pembelajaran berbasis proyek Siswa berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan pemecahan masalah pengambilan keputusan penyelidikan dan refleksi dengan guru bertindak sebagai fasilitator Pertanyaan yang menginspirasi siswa untuk menerapkan konsep dan prinsip melalui pengalaman langsung merupakan inti dari pembelajaran berbasis proyek Siswa akan dilatih untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran yang kompleks melalui model pembelajaran ini yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Siswa kelas X di SMK Cokroaminoto Kotamobagu menjadi subjek penelitian Jumlah siswa sebanyak 28 orang 14 orang laki laki dan 14 orang perempuan Temuan penelitian ini membawa kita pada kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan proses belajar < em>< p>

References

Abidin Y 2014 Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 Refika Aditama

Abidin Z 2007 Analisis eksistensial Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto H 2009 Ranah Kognitif Afektif dan Psikomotorik Jakarta: Rineka Cipta

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Maryani I Fatmawati L 2018 Pendekatan scientific dalam pembelajaran di sekolah dasar: teori dan praktik Deepublish

Mudjiono D 1994 Belajar dan Mengajar

Nasution 1999 Kurikulum dan Pengajaran Jakarta: Bumi Aksara cet ke 3

Soedijarto 1993 Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu Jakarta : Balai Pustaka

Sudjana N 2002 Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bandung : Remaja Rosda Karya

Thomas J W Mergendoller J R Michaelson A 2000 Project Base Learning: A Handbook of Middle and High School Teacher Novato CA: The Buck Institute for Education

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 18 31. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6341