Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fotografi Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6342Keywords:
Model Blended Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tondano, pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes tertulis pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Fotografi. Dari 25 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu ratarata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96% yang tuntas. Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa.
References
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Aritonang, I. B., Martin, R., & Akbar, W. (2021, December). Peran Model Pembelajaran Blanded Learning dalam masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).
Azis, A. (2022). Best practice penerapan blended e-learning berbasis siswa pada pembelajaran bahasa inggris di smk negeri 1 juwiring. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(3), 288-297.
Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71-84.
Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 80-94.
Firdaus, Z., Izza, J. N., Aruna, A., Novaldi, M. D., & Setiawan, D. (2022). Pengembangan mikroskop online interaktif pada materi biologi sel guna revitalisasi pembelajaran praktikum daring. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 95-105.
Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15-26.
Karisoh, B. I., Kaparang, D. R., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi 2D Dan 3D Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 297-306.
Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.
Pangkerego, K. A. J., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 55-68.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1-6.
Sari, A. R. (2013). Strategi blended learning untuk peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan critical thinking mahasiswa di era digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2).
Syahrin, A. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 di SMPN 37 Jakarta [Skripsi]. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syahrif Hidayatullah Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.