Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fotografi Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK

Authors

  • Meiva Milenia Rumuat Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Billy Morris Harold Kilis Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6342

Keywords:

Model Blended Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tondano pada semester genap tahun ajaran 2021 2022 Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak 2 siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual yang berjumlah 25 orang Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes tertulis pilihan ganda dan essay Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Fotografi Dari 25 siswa pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu ratarata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 yang tuntas Hal ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II Dengan demikian siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar siswa < em>< p>

References

Aditya D Y 2016 Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa SAP Susunan Artikel Pendidikan 1 2

Aritonang I B Martin R Akbar W 2021 December Peran Model Pembelajaran Blanded Learning dalam masa pandemi covid 19 terhadap hasil belajar PPKN di Kelas V UPTD SPF SDN Teluk Rumbia In Prosiding Seminar Nasional Vol 1 No 1

Azis A 2022 Best practice penerapan blended e learning berbasis siswa pada pembelajaran bahasa inggris di smk negeri 1 juwiring Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2 3 288 297

Beddu S 2019 Implementasi pembelajaran higher order thinking skills HOTS terhadap hasil belajar peserta didik Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 1 3 71 84

Erwinsyah A 2016 Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 2 80 94

Firdaus Z Izza J N Aruna A Novaldi M D Setiawan D 2022 Pengembangan mikroskop online interaktif pada materi biologi sel guna revitalisasi pembelajaran praktikum daring JINoP Jurnal Inovasi Pembelajaran 8 1 95 105

Kamal F 2020 Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 2 15 26

Karisoh B I Kaparang D R Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi 2D Dan 3D Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 297 306

Ma S 2018 Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling 35 1 31 46

Pangkerego K A J Sojow L Manggopa H K 2021 Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomohon EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 55 68

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Puspitarini D 2022 Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21 Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 7 1 1 6

Sari A R 2013 Strategi blended learning untuk peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan critical thinking mahasiswa di era digital Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 11 2

Syahrin A S 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 di SMPN 37 Jakarta [Skripsi] Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syahrif Hidayatullah Jakarta

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fotografi Siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 32 43. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6342