Pengaruh Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • I Made Billy Rama Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6343

Keywords:

Model Pembelajaran Tutorial, Hasil Belajar, Pemrograman Dasar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian pre test dan post test control group design Metode penarikan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling Jumlah populasi kedua kelas yaitu 59 siswa dan sampel yang diambil yaitu 56 siswa Setelah itu peneliti mengumpulkan data yang diambil dari pre test dan post test menggunakan soal tes pilihan ganda Selanjutnya peneliti menganalisis dan mengolah data Uji normalitas untuk kedua kelas berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk kelas post test adalah homogen Uji validitas mendapatkan 25 soal valid dari 30 soal dan hasil dari uji reliabilitas soal adalah 0 879 dengan reliabilitas sangat tinggi Uji hipotesis dengan sampel 56 siswa yaitu kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hipotesis Thitung< sub> gt; Ttabel< sub> = 2 73 gt; 1 673565 Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran tutorial dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya < em>< p>

References

Arsyad 2008 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dalyono 2012 PsikologiPendidikan Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali I 2016 Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8 Cetakan ke VIII Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik O 1991 Pendidikan Guru Konsep dan Strategi Mandar Maju Bandung

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508

Manoppo C T M Mewengkang A Palilingan V R Kaparang D R Tubagus D 2019 IMPROVE Methods Implementation to Improve the Computer Skills and Information Management Learning Outcomes of Vocational School Students 299 Ictvet 2018 434 438 https: doi org 10 2991 ictvet 18 2019 99

Purwanto 2014 Evaluasi hasil belajar Pustaka Pelajar Yogyakarta

Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sagala S 2010 Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan Bandung: Alfabeta

Santoso S 2003 SPSS Statistika Parametrik Jakarta: Gramedia

Sudjana 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsito

Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R B Bandung: Alfabeta

Winkel W S 1996 Psikologi Pengajaran Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 44 53. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6343