Pengaruh Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • I Made Billy Rama Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6343

Keywords:

Model Pembelajaran Tutorial, Hasil Belajar, Pemrograman Dasar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test control group design. Metode penarikan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling. Jumlah populasi kedua kelas yaitu 59 siswa dan sampel yang diambil yaitu 56 siswa. Setelah itu peneliti mengumpulkan data yang diambil dari pre-test dan post-test menggunakan soal tes pilihan ganda. Selanjutnya peneliti menganalisis dan mengolah data. Uji normalitas untuk kedua kelas berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk kelas post-test adalah homogen. Uji validitas mendapatkan 25 soal valid dari 30 soal dan hasil dari uji reliabilitas soal adalah 0,879 dengan reliabilitas sangat tinggi. Uji hipotesis dengan sampel 56 siswa yaitu kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hipotesis Thitung > Ttabel = 2.73 > 1.673565. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran tutorial dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya.

References

Arsyad. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalyono. (2012). PsikologiPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, O, (1991), Pendidikan Guru Konsep dan Strategi, Mandar Maju, Bandung.

Manggopa, H. K., Kenap, A. A., Manoppo, C. T. M., Batmetan, J. R., & Mewengkang, A. (2019). The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials. 299 (Ictvet 2018), 504-508.

Manoppo, C. T. M., Mewengkang, A., Palilingan, V.R., Kaparang, D.R., & Tubagus, D. (2019). IMPROVE Methods Implementation to Improve the Computer Skills and Information Management Learning Outcomes of Vocational School Students.299(Ictvet 2018), 434-438. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.99

Purwanto. (2014). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2003). SPSS Statistika Parametrik, Jakarta: Gramedia.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Rama, I. M. B., Manggopa, H. K., & Togas, P. V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 886-895. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6343