Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Desiree Budiman Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6454

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado Pada pelaksanaannya digunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Prettest Posttest Nonequivalent Control Group Design Berdasarkan data hasil prettest yang diujikan sebelum diberikan perlakuan dapat dilihat kedua kelas tidak terdapat perbedaan atau sama Setelah itu proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas eksperimen dan metode konevensional ceramah bervariasi untuk kelas kontrol Setelah proses pembelajaran selesai kedua kelas kemudian diberikan posttest Dari hasil posttest yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado < em>< p>

References

Arikunto S 2013 Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Arends R 2008 Belajar untuk mengajar 7th ed ; S Mulyantani H Prayitno eds Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar

Bloom B S 1956 Kategori Hasil Belajar Menurut Bloom Retrived June 25 2019

Djamarah S B 2009 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Reinika Cipta

Hamalik O 1990 Evaluasi Kurikulum Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ibrahim M Nur M 2000 Pengajaran Berdasarkan Masalah Rusman Ed Surabaya: Unesa University Press

Lumingkewas M F Palilingan V R Togas P V 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 4 417 426 https: doi org 10 53682 edutik v1i4 1946

Rahyubi H 2012 Teori teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Bandung: Nusa Media

Rusman 2010 Model Model Pembelajaran 2nd ed Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya W 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta Kencana Prenada Media Group

Santoso S 2003 SPSS Statistika Parametrik Jakarta: Gramedia

Slameto 2010 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsito

Sugiyono 2019 Metode Penelitiann Kuantitatif Kualtitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sutrisno E 2011 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 64 74. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6454