Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6454Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado Pada pelaksanaannya digunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Prettest Posttest Nonequivalent Control Group Design Berdasarkan data hasil prettest yang diujikan sebelum diberikan perlakuan dapat dilihat kedua kelas tidak terdapat perbedaan atau sama Setelah itu proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas eksperimen dan metode konevensional ceramah bervariasi untuk kelas kontrol Setelah proses pembelajaran selesai kedua kelas kemudian diberikan posttest Dari hasil posttest yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado < em>< p>
References
Arikunto S 2013 Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Arends R 2008 Belajar untuk mengajar 7th ed ; S Mulyantani H Prayitno eds Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar
Bloom B S 1956 Kategori Hasil Belajar Menurut Bloom Retrived June 25 2019
Djamarah S B 2009 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Reinika Cipta
Hamalik O 1990 Evaluasi Kurikulum Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ibrahim M Nur M 2000 Pengajaran Berdasarkan Masalah Rusman Ed Surabaya: Unesa University Press
Lumingkewas M F Palilingan V R Togas P V 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1 4 417 426 https: doi org 10 53682 edutik v1i4 1946
Rahyubi H 2012 Teori teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Bandung: Nusa Media
Rusman 2010 Model Model Pembelajaran 2nd ed Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sanjaya W 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta Kencana Prenada Media Group
Santoso S 2003 SPSS Statistika Parametrik Jakarta: Gramedia
Slameto 2010 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsito
Sugiyono 2019 Metode Penelitiann Kuantitatif Kualtitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sutrisno E 2011 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Kencana
