Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK

Authors

  • Desiree Budiman Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6454

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado. Pada pelaksanaannya digunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Prettest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan data hasil prettest yang diujikan sebelum diberikan perlakuan, dapat dilihat kedua kelas tidak terdapat perbedaan atau sama. Setelah itu proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas eksperimen dan metode konevensional ceramah bervariasi untuk kelas kontrol. Setelah proses pembelajaran selesai kedua kelas kemudian diberikan posttest. Dari hasil posttest yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Negeri 2 Manado.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R. (2008). Belajar untuk mengajar (7th ed.; S. Mulyantani & H. Prayitno, eds.). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Bloom, B. S. (1956). Kategori Hasil Belajar Menurut Bloom. Retrived June 25, 2019.

Djamarah, S. B. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Reinika Cipta.

Hamalik, O. (1990). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah (Rusman, Ed.). Surabaya: Unesa University Press.

Lumingkewas, M. F., Palilingan, V. R., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 417–426. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.1946

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran (2nd ed). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Santoso, S. (2003). SPSS Statistika Parametrik. Jakarta: Gramedia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2019). Metode Penelitiann Kuantitatif, Kualtitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Budiman, D., Sumayku, J., & Manggopa, H. K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 906-916. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6454