Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6455Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X Multimedia SMK Eklesia Jailolo Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah model pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah kepada peserta didik dimana masalah tersebut dialami atau merupakan pengalaman sehari hari peserta didik Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil tes siswa dan daftar nilai yang didapat dari ulangan harian Penelitian ini melalui 2 tahapan siklus yang mana pada akhir setiap siklus dilakukan tahapan test berupa Post Tes Pada siklus I terdiri dari 6 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 6 kali pertemuan Siklus I siswa mencapai hasil belajar 60 tuntas dan 40 tidak tuntas Siklus II siswa mencapai hasil belajar 90 tuntas dan 10 tidak tuntas Meningkatnya hasil belajar siswa dilihat pada tahap siklus II yaitu mencapai 90 tuntas dari jumlah 20 siswa Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah bervariasi < em>< p>
References
Arikunto 2008 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta
Bendah A Sumayku J Mewengkang A 2022 Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 5 675 685
Djamarah S B 2008 Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta
Kemmis S Mc Taggart R 1988 The Action Research Planner Victoria: Deakin University Press
Khairani M 2014 Psikologi Belajar Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469
Pratasik S 2020 Dasar Dasar Pemrograman Penerbit Lakeisha
Raharjo D 2018 Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah pbl di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal Cakrawala: Jurnal Pendidikan 87 104
Sujatmiko E 2012 Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi Surakarta: PT Aksarra Sinergi Media
Umar I Tikollah R M Sato S 2022 Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wanggarasi Kab Pohuwato Gorontalo Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 4 1 124 134
