Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK

Authors

  • Dona Isabela Tawelu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6455

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X Multimedia SMK Eklesia Jailolo Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah model pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah kepada peserta didik dimana masalah tersebut dialami atau merupakan pengalaman sehari hari peserta didik Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil tes siswa dan daftar nilai yang didapat dari ulangan harian Penelitian ini melalui 2 tahapan siklus yang mana pada akhir setiap siklus dilakukan tahapan test berupa Post Tes Pada siklus I terdiri dari 6 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 6 kali pertemuan Siklus I siswa mencapai hasil belajar 60 tuntas dan 40 tidak tuntas Siklus II siswa mencapai hasil belajar 90 tuntas dan 10 tidak tuntas Meningkatnya hasil belajar siswa dilihat pada tahap siklus II yaitu mencapai 90 tuntas dari jumlah 20 siswa Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah bervariasi < em>< p>

References

Arikunto 2008 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta

Bendah A Sumayku J Mewengkang A 2022 Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 5 675 685

Djamarah S B 2008 Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta

Kemmis S Mc Taggart R 1988 The Action Research Planner Victoria: Deakin University Press

Khairani M 2014 Psikologi Belajar Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Pratasik S 2020 Dasar Dasar Pemrograman Penerbit Lakeisha

Raharjo D 2018 Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah pbl di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal Cakrawala: Jurnal Pendidikan 87 104

Sujatmiko E 2012 Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi Surakarta: PT Aksarra Sinergi Media

Umar I Tikollah R M Sato S 2022 Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wanggarasi Kab Pohuwato Gorontalo Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 4 1 124 134

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 75 86. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6455