Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMK

Authors

  • Sakina Rimpulaeng Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6458

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL, Administrasi Sistem Jaringan

Abstract

T< em>ujuan < em>p< em>enelitian ini< em> adalah< em> untuk meningkatkan Hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan prosedur kerja meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar kesimpulan hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan menggunakan penerapan model PBL pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI Tkj 1 memperlihatkan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar 75 100 sebanyak 32 siswa dari presentasenya 87 5 atau 28 siswa mencapai ketuntasan sedangkan yang lainnya tidak mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa atau 12 5 < em>< p>

References

Al Tabany T I B 2014 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual Jakarta: Kencana

Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati Mudjiono 1999 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Glazer E 2001 Problem based instruction In M Orey Ed Emerging perspective on learning teaching and technology

Hmelo Silver C 2004 Problem Based Learning: What and How do Students Learn? Educational Psychology Review 6 13 235 266

Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Presindo

Kunandar 2010 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru Jakarta: PT Rajawali Pers

Rusman 2015 Pebelajaran Tematik Teori Praktik dan Penilain Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana N 2005 Penilaian Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdikarya

Susilo H 2008 Penelitian Tindakan Kelas Malang: Bayu Media

Wingkel W S 1987 Psikologi Pengajaran Jakarta: PT Grasindo

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 87 97. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6458