Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6458Keywords:
Hasil Belajar, Model PBL, Administrasi Sistem JaringanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat. penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar. kesimpulan hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan menggunakan penerapan model PBL pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI Tkj 1 memperlihatkan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar 75-100 sebanyak 32 siswa, dari presentasenya 87,5 % atau 28 siswa mencapai ketuntasan sedangkan yang lainnya tidak mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa atau 12,5%.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Glazer, E. (2001). Problem based instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology.
Hmelo-Silver, C. (2004). Problem Based Learning: What and How do Students Learn?. Educational Psychology Review, 6 (13), 235-266.
Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Rusman. (2015). Pebelajaran Tematik (Teori, Praktik, dan Penilain). Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, N. (2005). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
Susilo, H. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media.
Wingkel,W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.