Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6458Keywords:
Hasil Belajar, Model PBL, Administrasi Sistem JaringanAbstract
T< em>ujuan < em>p< em>enelitian ini< em> adalah< em> untuk meningkatkan Hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan prosedur kerja meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar kesimpulan hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan menggunakan penerapan model PBL pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI Tkj 1 memperlihatkan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar 75 100 sebanyak 32 siswa dari presentasenya 87 5 atau 28 siswa mencapai ketuntasan sedangkan yang lainnya tidak mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa atau 12 5 < em>< p>
References
Al Tabany T I B 2014 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual Jakarta: Kencana
Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati Mudjiono 1999 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Glazer E 2001 Problem based instruction In M Orey Ed Emerging perspective on learning teaching and technology
Hmelo Silver C 2004 Problem Based Learning: What and How do Students Learn? Educational Psychology Review 6 13 235 266
Jihad A Haris A 2012 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Presindo
Kunandar 2010 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru Jakarta: PT Rajawali Pers
Rusman 2015 Pebelajaran Tematik Teori Praktik dan Penilain Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana N 2005 Penilaian Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdikarya
Susilo H 2008 Penelitian Tindakan Kelas Malang: Bayu Media
Wingkel W S 1987 Psikologi Pengajaran Jakarta: PT Grasindo
