Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMK

Authors

  • Sakina Rimpulaeng Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6458

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL, Administrasi Sistem Jaringan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus diadakan refleksi agar hasil belajar siswa dapat terlihat. penilaian proses didapatkan dari hasil tes siswa dalam belajar. kesimpulan hasil penelitian Tindakan kelas ini dengan menggunakan penerapan model PBL pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI Tkj 1 memperlihatkan bahwa siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar 75-100 sebanyak 32 siswa, dari presentasenya 87,5 % atau 28 siswa mencapai ketuntasan sedangkan yang lainnya tidak mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa atau 12,5%.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Glazer, E. (2001). Problem based instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology.

Hmelo-Silver, C. (2004). Problem Based Learning: What and How do Students Learn?. Educational Psychology Review, 6 (13), 235-266.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Rusman. (2015). Pebelajaran Tematik (Teori, Praktik, dan Penilain). Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, N. (2005). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Susilo, H. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media.

Wingkel,W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Rimpulaeng, S., Palilingan, V. R., & Manoppo, C. T. M. (2022). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 929-939. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6458