Analisis Optimasi Bisnis Proses Sistem Informasi Pemasaran di PT. Sasa Inti Minsel

Authors

  • Grasela Wowor Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6739

Keywords:

Business Process Improvement, Proses Bisnis, Sistem Informasi Pemasaran

Abstract

Alur proses bisnis yang tersistematik sangatlah penting untuk perusahaan berkembang seperti PT. Sasa Inti Minsel, karena dengan adanya proses bisnis tersistematik semua kegiatan proses bisnis perusahaan yang sesuai pada alur akan lebih efektif dan efisien sehingga PT. Sasa Inti Minsel dapat mencapai tujuan perusahaan. Melalui metode Business Process Improvement (BPI) yang diterapkan pada penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa, proses bisnis penjualan pada PT. Sasa Inti Minsel belum optimal dikarenakan proses yang masih mengandalkan sistem konvensional. Proses bisnis usulan setelah dilakukan evaluasi Business Process Improvement, menghasilkan proses bisnis transaksi penjualan usulan lebih cepat. Proses ini hanya memakan waktu 1 jam 29 menit. Hal ini menjadikan proses pendistribusian santan menjadi lebih cepat dan optimal. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Sasa Inti Minsel. Penelitian dilakukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa perusahaan dalam tahap pengoptimalisasian sistem informasi pemasaran, sehingga penelitian dianggap cukup relevan untuk melakukan evaluasi.Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat kualitatif.

References

Belanger, F., & Van Slyke, C. (2011). Information systems for business: an experiential approach. John Wiley & Sons.

Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 1-12.

Harmon, P. (2014). Business Process Change: A Business Process Management Guide for Managers and Process Profesionals. Waltham : Elseiver, 2014.

Harrington HJ. (1991). Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. New York: McGraw-Hil

Hidayatullah, S., Patalo, R. G., Firdianjah, A., & Waris, A. (2019). Pengaruh sistem informasi pemasaran, kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap keunggulan bersaing jatim park group. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, pp. 1652-1660).

McLeod Jr, R., & Rogers, J. (1982). Marketing information systems: uses in the Fortune 500. California Management Review, 25(1), 106-118.

Olson, D. L. (2014). Information systems project management. Business Expert Press.

Sudiarti, S. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website dalam Meningkatkan Pembelian Kerajinan Anyaman di Cv Binangkit Kabupaten Tasikmalaya. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(3), 130-140.

Sugesti, E. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran dan Strategi Penjualan terhadap Persaingan Penjualan Produk PT. Bank Agris, tbk Medan. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 3(2).

Supit, M. A., Pratasik, S., Kainde, Q. C., & Kumajas, S. (2021). PEMODELAN PROSES BISNIS DENGAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT NOTATION PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 630-640.

Wulandari, S. A. (2019). Optimalisasi Keuntungan Dalam Inovasi Bisnis Model dengan Menggunakan Linear Programming Metode Simpleks (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Wowor, G., Mewengkang, A., & Batmetan, J. R. (2023). Analisis Optimasi Bisnis Proses Sistem Informasi Pemasaran di PT. Sasa Inti Minsel. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 14-22. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6739