Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon

Authors

  • Anastasya Mical Pingkan Kapele Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Mario Tulenan Parinsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Charnila Desria Heydemans Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6740

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, MDLC

Abstract

Sebuah teknologi di dalam bidang pendidikan kini dapat dimanfaatkan dengan tujuan memecahkan berbagai permasalahan yang ada termasuk masalah belajar peserta didik di sekolah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle MDLC Metode pengembangan ini terdiri atas 6 tahapan yaitu: 1 Concept 2 Design 3 Material Collecting 4 Assembly 5 Testing 6 Distribution Pengujian media pembelajaran ini meliputi 3 pengujian yaitu uji kompatibilitas oleh ahli media uji kesesuaian materi oleh ahli materi dan uji kegunaan oleh pengguna Pembuatan media pembelajaran ini sendiri menggunakan aplikasi Adobe Animate Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon tidak memiliki masalah dan layak digunakan sebagai alat bantu bagi peserta didik maupun guru dalam proses pembelajaran < em>< p>

References

Arsyad A 2002 Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arsyad A 2009 Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada

Chun 2017 Adobe Animate CC Classroom in a Book USA: Adobe System Incorporated

Labrecque J 2016 Learn Adobe Animate CC for Interactive Media USA: Pearson Education

Mandey L Tambingon H Rotty V N Pratasik S 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8 2 168 176

Maun R T Togas P V Pratasik S 2022 Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 438 448

Morten R Waworuntu J Komansilan T 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Matematik Berbasis Mobile di Sekolah Dasar Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 212 223

Mustika Sugara E P A Pratiwi M 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle JOIN Jurnal Online Informatika 2 2 121 126

Novita R Harahap S Z 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Informatika : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu 8 1 36 44

Prastyo I S Hartono 2020 Pengembangan Media Pembelajaran dengan Adobe Animate CC pada Materi Gerak Parabola Phenomenon 10 1 25 35

Pratasik S Ahyar B M 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 359 373

Rusman 2012 Model Model Pembelajaran Depok: Raja Grafindo Persada

Sadiman A 2011 Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pengembangannya Jakarta: Rajawali Pers

Sanaky H 2013 Media Pembelajaran Interaktif Inovatif Yogyakarta: kaukabakibantara

Setiawan A 2017 Belajar dan Pembelajaran Sidoarjo: Uwars Inspirasi

Susilana R Riyana C 2007 Media Pembelajaran Bandung: CV Wacana Prima

Sutopo A 2003 Multimedia Interaktif dan Flash Yogyakarta: Graha Ilmu

Wibawanto W 2017 Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif Jember: Cerdas Ulet Kreatif

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 130 141. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6740