Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6740Keywords:
Media Pembelajaran, Android, MDLCAbstract
Sebuah teknologi di dalam bidang pendidikan kini dapat dimanfaatkan dengan tujuan memecahkan berbagai permasalahan yang ada termasuk masalah belajar peserta didik di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode pengembangan ini terdiri atas 6 tahapan, yaitu: (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, (6) Distribution. Pengujian media pembelajaran ini meliputi 3 pengujian, yaitu uji kompatibilitas oleh ahli media, uji kesesuaian materi oleh ahli materi, dan uji kegunaan oleh pengguna. Pembuatan media pembelajaran ini sendiri menggunakan aplikasi Adobe Animate. Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon, tidak memiliki masalah dan layak digunakan sebagai alat bantu bagi peserta didik maupun guru dalam proses pembelajaran.
References
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chun. (2017). Adobe Animate CC Classroom in a Book. USA: Adobe System Incorporated.
Labrecque, J. (2016). Learn Adobe Animate CC for Interactive Media. USA: Pearson Education.
Mandey, L., Tambingon, H., Rotty, V. N., & Pratasik, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Untuk Siswa Kelas VII SMP Advent Unklab. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 168-176.
Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 438-448.
Morten, R., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematik Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2(2), 212-223.
Mustika., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN Jurnal Online Informatika. 2(2), 121-126.
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. Informatika : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Labuhanbatu. 8(1), 36-44.
Prastyo, I. S., & Hartono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Adobe Animate CC pada Materi Gerak Parabola. Phenomenon. 10(1), 25-35.
Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pengembangannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: kaukabakibantara.
Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Uwars Inspirasi.
Susilana, R., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Sutopo, A. (2003). Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.