Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Irfan Tarius Ginting Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6768

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil belajar, Pemrograman Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Classroom Action Research Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ yang berjumlah 13 siswa Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi dalam penelitian terdapat 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi Lembar Tes dan dokumentasi Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Dapat meningkatkan Hasil belajar siswa Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 15 3 meningkat pada siklus II sebesar 76 9 Dan Dapat dilihat dari lembar observasi bahwa rata rata siswa semakin aktif pada siklus ke II Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata Pemrograman Dasar < em>< p>

References

Al Fuad Z 2016 Faktor faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I SDN 7 Kute Panang Jurnal Tunas Bangsa 3 2 42 54

Arifin Z 2013 Evaluasi Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rineka Cipta

Binanto I 2009 Konsep Bahasa Pemograman Yogyakarta: Andi Publisher

Hosnan 2014 Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Bogor: Ghalia Indonesia

Karisoh B I Kaparang D R Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi 2D Dan 3D Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 297 306

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508

Manurung A S Halim A Rosyid A 2020 Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 4 4 1274 1290

Ngalimun 2012 Strategi dan Model Pembelajaran Yogyakarta: Aswaja Press

Ricardo Meilani R I 2017 Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2 2 188 209

Sahempa S Togas P V Palilingan V R 2021 Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 1 12

Syaiful B D Aswan Z 2006 Strategi belajar mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Tan O S 2003 Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century Singapore: Thompson Learning

Trianto 2011 Model model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta Prestasi Pustaka

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 161 169. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6768