Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Irfan Tarius Ginting Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6768

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil belajar, Pemrograman Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ yang berjumlah 13 siswa. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dalam penelitian terdapat 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, Lembar Tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 15,3% meningkat pada siklus II sebesar 76,9% Dan Dapat dilihat dari lembar observasi bahwa rata-rata siswa semakin aktif pada siklus ke II. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata Pemrograman Dasar.

References

Al Fuad, Z. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-54.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Binanto, I. (2009). Konsep Bahasa Pemograman. Yogyakarta: Andi Publisher

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Bogor: Ghalia Indonesia.

Karisoh, B. I., Kaparang, D. R., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Teknik Animasi 2D Dan 3D Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 297-306.

Manggopa, H. K., Kenap, A. A., Manoppo, C. T. M., Batmetan, J. R., & Mewengkang, A. (2019). The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials.299 Ictvet 2018, 504-508.

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274-1290.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Press.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12.

Syaiful, B. D., & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tan, O. S. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning.

Trianto. (2011). Model - model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Ginting, I. T., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Tondano. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 54-62. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6768