Pengembangan E-Marketplace untuk Produk Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Negeri Manado

Authors

  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Danius Kolibu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Stralen Pratasik Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6771

Keywords:

Codeigniter, E-marketplace, MySql, RAD

Abstract

Marketplace merupakan suatu tempat atau pasar online yang mempertemukan penjual dan pembeli secara daring atau dalam jaringan Pemasalahan dalam penelitian ini yaitu belum adanya media marketplace yang dapat digunakan mahasiswa wirausaha Universitas Negeri Manado. System transaksinya pun masih tradisional dimana pembeli harus datang ke tempat penjual untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan tentunya memakan biaya, tenaga dan waktu. Masalah lainnya yaitu mahasiswa kewirausahaan memasarkan produknya ke berbagai platform jual beli sehingga mempersulit pihak universitas dalam mengawasi perkembangan usaha mahasiswa. Dalam menjawab permasalahan ini peneliti membangun sistem jual beli online yang dapat memfasilitasi mahasiswa dalam proses berwirausaha. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) selanjutnya dalam manajemen data peneliti menggunakan MySql sebagai DBMS (Database Management Sistem) dan menggunakan framework Codeigniter 3 yang berbasis bahasa pemrograman PHP. Keunggulan framework ini yaitu telah menggunakan MVC (Model, View, Controller) dengan konsep PBO (Pemrograman Berorientasi Objek). Untuk desain tampilan menggunakan HTML, CSS dan javascript. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini yaitu RAD (Rapid Aplication Development). Dengan adanya sistem ini peneliti berharap dapat menyelesaikan permasalahan biaya, tenaga, dan waktu, juga dapat mempermudah pihak Universitas khususnya penyelenggara program kewirausahaan dalam memonitor mahasiswa dalam proses berwirausaha. Penelitian ini memiliki tujuan agar mahasiswa Universitas Negeri Manado dapat memasarkan produk kewirausahaan secara online dalam satu media E-marketplace yang dikelolah langsung pihak Universitas Negeri Manado.

References

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem informasi penjadwalan dokter berbassis web dengan menggunakan framework codeigniter (studi kasus: rumah sakit yukum medical centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30-37.

Fuadi, E. S., Basaria, N., Sri, M., Noni, R., Nurani, P. N., Ahmad, F. H. H., ... & Erna, H. (2021). Ekonomi Syariah, Yayasan Kita Menulis, Medan.

Ilham, R. M. (2018). Pengembangan Aplikasi Marketplace Untuk Pemasaran Dan Transaksi Produk Roasting Warung Kopi.

Irianto, A. B. P. (2015). pemanfaatan social media untuk meningkatkan market share UKM. Jurnal Teknomatika, 8(1), 1-12.

Kusbin, N. W., Kaparang, D. R., & Batmetan, J. R. (2021). Perancangan dan Implementasi Sistem Transaksi Jual Beli Produk Berbasis Web. Ismart Edu: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 44-53.

Makobul, R. G. (2022). Pengaruh Rating Customer Shopee Dan Media Sosial Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Di Trust Coffee Bandung (Doctoral Dissertation, Unsada).

Nurwahida, N. (2019). Strategi Penetapan Harga Jual Dan Penawaran Dalam Perspektif Syariah Toko Sinar Rahmat Kecamatan Sinjai Utara. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 12-27.

Prasetyo, S., & Widodo, T. (2017). Anteseden Kepercayaan Pengguna Pada Penawaran Ecommerce Dan Konsekuensinya Terhadap Niat Beli (studi Pengguna E-commerce Provinsi Dki Jakarta). eProceedings of Management, 4(2).

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung.

Sambiono, I. A. F. D., Shiddiqi, F., & Ukamah, S. (2021). Transaksi E-Commerce Sebagai Pertahanan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam. Jurnal Imtiyaz, 5(02).

Wiryawan, A. R. (2022). Sistem Pengelolaan Pengetahuan Di Smk Guna Dharma Nusantara (Doctoral dissertation, Univeristas Komputer Indonesia).

Yannopoulos, P. (2011). Impact of the Internet on marketing strategy formulation. International Journal of Business and Social Science, 2(18).

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Kaparang, D. R., Kolibu, D., & Pratasik, S. (2023). Pengembangan E-Marketplace untuk Produk Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Negeri Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 63-75. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6771