Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan

Authors

  • Gabriela Sambur Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6813

Keywords:

Media Pembelajaran, Website, Keamanan Laravel, Online

Abstract

Inovasi teknologi memiliki potensi besar dalam upaya mendorong pertumbuhan perkembangan dalam proses pembelajaran. SMA Negeri 9 Halmahera Selatan adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMA di Wayaloar, Kec. Obi Selatan, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara. Dalam menjalankan kegiatannya, SMA NEGERI 9 HALMAHERA SELATAN berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengingat daerah sekolah tersebut sudah memiliki jaringan dan teknologi yang bisakses website maka dapat memberikan solusi baru untuk membuat proses pembelajaran disekolah tersebut menjadi lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis website yang dapat diakses dimana saja dan dapat membantu proses pembelajaran serta memiliki kemanan website yang dapat menjaga data-data. Hasil yang diharapkan dalam pengujian yang dilakukan pada lingkungan yang relevan dan tervalidasi, dengan penerapan media pembelajaran akan dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk keberlangsungan proses kegiatan pembelajaran yang dapat dijalankan dimana saja.

References

Efrain, R., Manggopa, H. K., & Liando, O. E. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 335-341.

Erinton, R., Negara, R. M., & Sanjoyo, D. D. (2017). Analisis Performasi Framework Codeigniter Dan Laravel Menggunakan Web Server Apache. eProceedings of Engineering, 4(3).

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 557-566.

Nurseto, T. (2011). Creating interesting learning media. Journal of Economics and Education, 8(1).

Posumah, A., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. EduTIK J. Pendidik. Teknol. Informasidan Komun, 1(6), 675-687.

Prihandoyo, M. T. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126-129.

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rahmawati, R. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap berita pada website APTISI. Sisfotenika, 8(2), 117-127.

Septiandi, R., Ladjamuddin, S. M., & Suciana, E. (2017). Perancangan Sistem Keamanan Website dengan Konfigurasi File. htaccess. Journal Cerita, 3(2), 261-273.

Supit, A. V., Komansilan, T., & Rianto, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Mobile Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 500-512.

Warman, I., & Wildani, W. (2021). ANALISA KINERJA QUERY STORED PROCEDURE PADA DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS) MYSQL. Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, 21(1), 58-63.

Zakir, A. (2016). Rancang Bangun Responsive Web Layout Dengan Menggunakan Bootstrap Framework. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 1(1), 7-10.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Sambur, G., Liando, O. E. S., & Rianto, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 88-97. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6813