Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Bitung
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6859Keywords:
Media Pembelajaran, Jaringan Dasar, Research and DevelopmentAbstract
Penelitian ini tentang menghasilkan suatu Media Pembelajaran Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Bitung. Penelitian ini menggunakan pengembangan (Reseach and Development). Media Pembelajaran ini diuji oleh Ahli Media dan Ahli Materi. Pengguna dalam Uji coba adalah siswa kelas x TKJ di SMK Negeri 2 Bitung berjumlah 35 Siswa. Metode dalam penggumpulan data menggunakan angket dan Metode untuk Analisis Data menggunakan teknik Analisis Deskriptif Kuantitatif yang di ungkapkan dalam distribusi Skor dan Presentase terhadap kategori Skala Penelitian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan adalah sebagai berikut: dari uji kelayakan Media Pembelajaran menurut Ahli Media memperoleh presentase sebesar 83% sedangkan menurut Ahli Materi memperoleh presentase sebesar 84%, dan hasil ujicoba Pengguna memperoleh presentase 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran memiliki kualitas yang baik sebagai penunjang pembelajaran dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.
References
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Bab Ii Kajian Teori.
Evans, G. E. (1976). Teaching and media: A systematic approach. Information Processing & Management. https://doi.org/10.1016/0306-4573(76)90059-5
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar.
Hamidi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-07
Hidayat, H. C. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dasar (Debian Cli) Berbasis Adobe Flash Cs 5 Action Script 2 Di Smk Negeri 1 Magelang. Debian Cli.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Rohmani, Sunarno, W., & Sukarmin. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma. Inkuiri.
Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72. https://doi.org/10.33830/jp.v14i2.358.2013
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Westgaard, O. (1983). Instructional media and the new technologies of instruction by Robert Heinich, Michael Molenda, and James Russell. John Wiley, 1982. Performance & Instruction Journal. https://doi.org/10.1002/pfi.4150220311
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.