Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • I Dewa Ayu Eka Widyadari Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6861

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning. Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis siswa kelas X SMK Eklesia Jailolo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model pembelajaran Problem Based Learning, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara siklus 1 dan siklus 2 dengan Teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Eklesia Jailolo dalam pembelajaran Dasar Desain Grafis mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan dari: nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 74,4 dan siklus 2 sebesar 80,75 sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 60% dan siklus 2 sebesar 90%.

References

Akbar, S. D. (2010). Penelitian Tindakan Kelas, Filosofi, Metodologi. Yogyakarta: CV Citra Implementasi Media.

Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25-36.

Ibrahim, M., & Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah (Rusman, Ed.). Surabaya: Unesa University Press

Idris, S., & Amalia, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), 94- 97.

Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.

Liando, M. A. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 193-204.

Muslich, M. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan bagi Guru. Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah [KTSP Competency-and Context-based Learning: A Guide for Teachers, Principals and School Trustees]. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., & Kusuma, A. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122-128.

Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 284-296.

Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.

Qomarats, I., & Eva, Y. (2020). Corporate Identity Canting Buana Kreatif: Rancangan dan Pengaplikasiannya. Archive: Indonesia Journal of Visual Art and Design, 1(2), 72-82.

Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri SMPN 1 Kasian. JURING: Journal Pendidikan Khusus, 1(2), 78-90.

Ramlawati, R., Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem-based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (1), 1–14.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.

Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan Skenario Pembelajaran Matematika Berbasis Vokasional Untuk Siswa Kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253, DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar (D. Vonny Kirana (ed.); 1st ed.). Haura Publishing.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Widyadari, I. D. A. E., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 107-117. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6861