Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK

Authors

  • I Dewa Ayu Eka Widyadari Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6861

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning Guru menyampaikan tujuan pokok pokok pembelajaran melaksanakan diskusi kelompok latihan soal memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis siswa kelas X SMK Eklesia Jailolo Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus Setiap siklus dilakukan tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan model pembelajaran Problem Based Learning observasi dan refleksi Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pengamatan Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara siklus 1 dan siklus 2 dengan Teknik deskriptif Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Eklesia Jailolo dalam pembelajaran Dasar Desain Grafis mengalami peningkatan hal ini ditunjukan dari: nilai rata rata kelas dan ketuntasan belajar siswa Nilai rata rata pada siklus 1 sebesar 74 4 dan siklus 2 sebesar 80 75 sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 60 dan siklus 2 sebesar 90 < em>< p>

References

Akbar S D 2010 Penelitian Tindakan Kelas Filosofi Metodologi Yogyakarta: CV Citra Implementasi Media

Amin S 2017 Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi JPG Jurnal Pendidikan Geografi 4 3 25 36

Ibrahim M Nur M 2000 Pengajaran Berdasarkan Masalah Rusman Ed Surabaya: Unesa University Press

Idris S Amalia L 2020 Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar Jurnal Ilmiah Ecosystem 20 1 94 97

Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208

Liando M A J 2022 Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 193 204

Muslich M 2009 KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan bagi Guru Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah [KTSP Competency and Context based Learning: A Guide for Teachers Principals and School Trustees] Jakarta: Bumi Aksara

Oktavia M Rahma S Akmalia R Teguh A Ramadhani A Kusuma A 2021 Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru Jurnal Pendidikan Dan Konseling JPDK 3 2 122 128

Pondaag R A Pardanus R H W Togas P V 2021 Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 284 296

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Qomarats I Eva Y 2020 Corporate Identity Canting Buana Kreatif: Rancangan dan Pengaplikasiannya Archive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 1 2 72 82

Rahayu E Fahmi S 2018 Efektivitas penggunaan model Problem Based Learning PBL dan Inkuiri SMPN 1 Kasian JURING: Journal Pendidikan Khusus 1 2 78 90

Ramlawati R Yunus S R Insani A 2017 Pengaruh Model PBL Problem based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam 6 1 1 14

Rusmono 2017 Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bogor: Ghalia Indonesia

Somnaikubun D Paat W R L Palilingan V R 2022 Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 295 307

Sumandya I W Widana I W 2019 Pengembangan Skenario Pembelajaran Matematika Berbasis Vokasional Untuk Siswa Kelas XI SMK AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 10 2 244 253 DOI: https: doi org 10 26877 aks v10i2 4704

Syahputra E 2020 Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar D Vonny Kirana ed ; 1st ed Haura Publishing

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 214 224. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6861