Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK

Authors

  • Sergio Fure Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6866

Keywords:

Hasil Belajar, Sistem Komputer, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar sistem komputer siswa kelas X SMK Eklesia Jailolo Pada pelaksanaanya digunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Pretes Posttest Nonequivalent Control Group Design Berdasarkan data hasil pretest yang diujikan sebelum diberikan perlakuan dapat dilihat kedua kelas tidak terdapat perbedaan atau sama Setelah itu proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk kelas eksperimen dan metode konvensional ceramah bervariasi untuk kelas kontrol Setelah proses pembelajaran selesai kedua kelas kemudian diberikan posttest Dari hasil posttest yang diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar sistem komputer siswa kelas X SMK Eklesia Jailolo < em>< p>

References

Friskilia O Winata H 2018 Regulasi diri pengaturan diri sebagai determinan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran JPManper 3 1 36 43

Humaeroh S Dewi D A 2021 Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Journal on Education 3 3 216 222

Mamuaya G S R Sumual H Togas P V 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 350 363

Politon V C H Manoppo C T M Waworuntu J 2021 Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Digital Pada Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 542 556

Purwanto 2011 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahmadania S Sitika A J Darmayanti A 2021 Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5 2 221 226

Rusman 2010 Model model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman 2014 Model model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Sugiyono 2015 Statistik Nonparametris Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 237 244. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6866