Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Gudang Berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Authors

  • Aldy Batunan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6895

Keywords:

Sistem Informasi, Gudang, Web, Codeigniter 3, RAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi gudang berbasis web di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado dengan menggunakan metode Rapid Application Development dan framework CodeIgniter Metode Rapid Application Development digunakan untuk mempercepat proses pengembangan sistem dengan menggabungkan perencanaan analisis desain dan pengujian dalam satu siklus iterasi Framework CodeIgniter dipilih untuk memudahkan proses pengembangan dengan menyediakan fitur fitur yang lengkap dan dapat diandalkan Sistem informasi gudang yang dirancang akan memudahkan pengelolaan inventaris barang di gudang pengelolaan stok barang dan pengaturan permintaan barang dari departemen Fakultas Teknik Dalam tahap pengujian dilakukan pengujian fungsionalitas dan pengujian kinerja sistem untuk menjamin keamanan dan kehandalan sistem Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi gudang berbasis web yang dikembangkan dengan metode Rapid Application Development dan menggunakan framework CodeIgniter 3 dapat membantu pengelolaan gudang dan persediaan barang di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado menjadi lebih efisien dan efektif Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi lain dalam pengembangan sistem informasi gudang yang serupa < em>< p>

References

Fauzi A M Prabowo Y B Fitriyani N 2021 Pembaruan dan Perkembangan MySQL dalam Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Web Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 8 1 71 79 doi: 10 25126 jtiik 202181754

Kaparang D R Ilyas R Pratasik S 2022 Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 5 696 703

Kaparang D R Kolibu D Pratasik S 2023 Pengembangan E Marketplace untuk Produk Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Negeri Manado Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 1 63 75

Ladjamudin A B B 2005 Analisis dan desain sistem informasi Yogyakarta: Graha Ilmu 1 1 6

Li Z Yang Y Zhang H Xu Y 2019 The Application of Rapid Application Development Technology in Software Engineering Teaching Journal of Physics: Conference Series 1277 1 012109

Maun R T Togas P V Pratasik S 2022 Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 438 448

Nurdiansyah A Fitriyani N Utomo A P 2019 Analisis Kinerja MySQL dalam Pengembangan Website Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer 3 1 1 8

Setiawan A B Wicaksono G W Nuryasin I 2020 Rancang Bangun Sistem Informasi Resource Planning Desa Studi Kasus: Desa Mojorejo Jurnal Repositor 2 7 871 880

Simanjuntak R H 2022 Pengaruh Kepercayaan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E commerce Lazada di Kota Batam Doctoral dissertation Prodi Manajemen

Soeherman B M 2013 Designing Information System Elex Media Komputindo

Taufiqurokhman 2008 Konsep dan kajian ilmu Yogyakarta Elex Media Komputindo

Wang Y Wu Y Zhu J Li Q 2019 The role of user needs in the design of big data applications for smart cities Future Generation Computer Systems 92 542 554

Yulistiawan I Hidayah N A Arham Z 2012 Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Studi Kasus: Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Gudang Berbasis Web di Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 268 278. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6895