Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Likupang

Authors

  • Maureen Pamela Ester Kalalo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djafar Wonggo Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6898

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat karena beberapa alasan antara lain karena kemampuannya mengangkat martabat dan kualitas hidup bangsa Ukuran kemajuan pendidikan dalam kemajuan belajar mengajar di sekolah adalah pencapaian hasil belajar siswa Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Siswa mungkin dapat mencapai tujuan mereka dengan memilih model pembelajaran PBL Proses kegiatan dapat dibuat lebih efisien dengan pendekatan yang tepat Dengan secara efektif mengambil bagian dalam pengalaman pertumbuhan yang lebih realistik dan mampu menghasilkan sesuatu diharapkan model pembelajaran ini mampu melatih dan mengonstruksi kemampuan siswa Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan dari model PBL Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati apakah siswa kelas XI < em>TKJ Likupang< em> dapat memperoleh nilai yang lebih baik pada kelas < em>Administrasi Sistem jaringan< em> dengan menggunakan model PBL Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ Likupang Siswa Administrasi Sistem Jaringan kelas XI di TKJ Likupang dapat melihat peningkatan hasil belajar jika model berbasis masalah ini digunakan < em>< p>

References

Arikunto S 2001 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Clark 1981 Pengertian definisi hasil belajar

Dalyono 2012 Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta

Fitrianingtyas A 2017 Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02 Doctoral dissertation Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UKSW

Hamalik O 1994 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru

Kemendikbud 2014 Konsep Pendekatan Scientific Kemendikbud Jakarta

Kurniasih I Berlin S 2014 RPP Kata Pena: Yogyakarta

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508

https: doi org 10 2991 ictvet 18 2019 115

Priansa D J 2015 Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran CV Alfabeta Bandung: Indonesia

Pulungan I 2019 Ensiklopedi pendidikan Medan: Media Persada Reardon

Rusman 2014 Model model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Raja Grafindo Persada Jakarta

Sanjaya W 2013 Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Proses Pendidikan Kencana: Jakarta

Slameto 2003 Belajar dan hal hal yang mempengaruhinya Jakarta: Cipta Rineka

Susanto A 2016 Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Jakarta Kencana

Yamin M 2013 Strategi Metode dalam Model Pembelajaran GP Press Group: Jakarta

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Likupang. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 279 288. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6898