Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Likupang

Authors

  • Maureen Pamela Ester Kalalo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djafar Wonggo Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6898

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat karena beberapa alasan, antara lain karena kemampuannya mengangkat martabat dan kualitas hidup bangsa. Ukuran kemajuan pendidikan dalam kemajuan belajar mengajar di sekolah adalah pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran. Siswa mungkin dapat mencapai tujuan mereka dengan memilih model pembelajaran PBL. Proses kegiatan dapat dibuat lebih efisien dengan pendekatan yang tepat. Dengan secara efektif mengambil bagian dalam pengalaman pertumbuhan yang lebih realistik dan mampu menghasilkan sesuatu, diharapkan model pembelajaran ini mampu melatih dan mengonstruksi kemampuan siswa. Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan dari model PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati apakah siswa kelas XI TKJ Likupang dapat memperoleh nilai yang lebih baik pada kelas Administrasi Sistem jaringan dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ Likupang. Siswa Administrasi Sistem Jaringan kelas XI di TKJ Likupang dapat melihat peningkatan hasil belajar jika model berbasis masalah ini digunakan.

References

Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Clark. (1981). Pengertian definisi hasil belajar.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitrianingtyas, A. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Hamalik, O. (1994). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Kemendikbud. (2014). Konsep Pendekatan Scientific. Kemendikbud. Jakarta.

Kurniasih, I & Berlin S. (2014). RPP. Kata Pena: Yogyakarta.

Manggopa, H. K., Kenap, A. A., Manoppo, C. T. M., Batmetan, J. R., & Mewengkang, A. (2019). The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials. 299 (Ictvet 2018), 504-508.

https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.115

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. CV. Alfabeta, Bandung: Indonesia.

Pulungan, I. (2019). Ensiklopedi pendidikan. Medan: Media Persada. Reardon.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan hal-hal yang mempengaruhinya. Jakarta: Cipta Rineka.

Susanto A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.

Yamin, M. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. GP Press Group: Jakarta.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Kalalo, M. P. E., Palilingan, V. R., & Wonggo, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Likupang. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 172-181. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6898