Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Fajar Moyongkota
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6906Keywords:
Multimedia Pembelajaran Interaktif, MDLC, Adobe Flash CS6Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis desktop sesuai kebutuhan untuk digunakan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Fajar Moyongkota Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah MDLC versi Luther Sutopo yang terdiri dari enam tahapan yaitu concept design material collection assembly testing dan distribution Pengujian multimedia pembelajaran interaktif ini dilakukan menggunakan standar ISO 25010 yang meliputi pengujian aspek materi aspek media terdiri dari functional suitability compatibility dan usability Hasil pengujian didapatkan bahwa seluruh aspek telah memenuhi standar kualitas materi dan kualitas media dengan persentase sangat layak Dari hasil yang didapat peneliti mengambil kesimpulan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Fajar Moyongkota yang dibuat menggunakan adobe flash CS6 dengan Action Script 2 0 berbasis dekstop telah layak dan sesuai untuk digunakan guna menunjang proses pembelajaran < em>< p>
References
Aminah S 2019 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Tema Ekosistem Kelas V Sd MI Doctoral dissertation UIN Raden Intan Lampung
Audie N 2019 Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2 No 1 Pp 586 595 2 1 586 595
Endoh J T G Rompas P T D Heydemans C D 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK untuk Siswa SMP Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 4 505 517
Firdaos R 2015 Orientasi Pedagogik Dan Perubahan Sosial Budaya Terhadap Kemajuan Ilmu Pendidikan Dan Teknologi Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6 no 1
Mudlofir A Rusydiyah E F 2016 Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik
Sudaryono 2011 Metode Penelitian Pendidikan Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten
Sudjana N 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumiharsono R Hasanah H 2017 Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen guru dan calon pendidik Pustaka Abadi
Suprapto E Apriandi D Pamungkas I P 2019 Pengembangan E Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2 2 124 130
Nurdiana D Suryadi A 2018 Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc Jurnal Petik 3 2 39
Permadi A A 2016 Pengembangan Media pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Video Conference Mata Pelajaran Produkif Teknik Komputer dan Jaringan Di Sekolah Menengah Kejuruan Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Keujuruan
Putra O D Darlius Harlin 2017 Pengembangan Media Pembelajaran E Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 4 1 29 37
Rusman D K cepi R 2011 Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Rajawali Pers
Tanjung M R Parsika T F 2014 Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Dan Pembelajaran Origami Dengan Pendekatan ADDIE Seminar Nasional Informatika 1 1 128 133
Widianto E 2021 Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Journal of Education and Teaching 2 2 213 224
