Hubungan Antara Pemanfaatan Internet, Motivasi dan Prestasi Belajar, Siswa SMK Kristen Kawangkoan

Authors

  • Armando Sumera Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6907

Keywords:

Pemanfaatan Internet, Motivasi, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan internet, motivasi dan prestasi belajar siswa SMK Kristen Kawangkoan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan metode korelasional. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25, dengan ukuran sampel sebanyak 49 orang siswa. Terdapat tiga instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data, yaitu instrumen penelitian pemanfaatan internet dan instrumen penelitian motivasi belajar yang berupa angket serta instrumen penelitian prestasi belajar yang berbentuk hasil tes. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif antara pemanfaatan internet, motivasi dan prestasi belajar. Hasil uji F ditemukan bahwa  >  (46,17064 > 3,20) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pemanfaatan internet, motivasi dan pretasi belajar.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 49-58.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sasmita, R. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, V(2): 99-103.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, V(2): 117-133.

Siagian, S. P. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan keenam. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tirtonegoro, S. (2001). Anak Supernormal. Jakarta: Bina Aksara.

Tobing, S. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Pekan, 4(1): 64-73.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yenni, Y. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Dan Kemandirian Belajaran Bagi Anak Tiban Lama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, V(2): 7-12.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Sumera, A., Manggopa, H. K., & Waworuntu, J. (2023). Hubungan Antara Pemanfaatan Internet, Motivasi dan Prestasi Belajar, Siswa SMK Kristen Kawangkoan. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 205-211. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6907