Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Grafis Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru

Authors

  • Ailen Kowaas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Audy Aldrin Kenap Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6944

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana masing masing terdiri dari perencanaan pelaksanaan Tindakan observasi dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning < em>dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya pada siklus 1 rata rata presentase yang didapatkan berjumlah 68 44 Presentase tersebut meningkat pada siklus II yaitu sebesar 79 65 Pada hasil ketuntasan belajar peserta didik dibagi menjadi dua yaitu pada siklus 1 berjumlah 41 38 dan pada siklus II meningkat menjadi 82 75 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran projct based learning < em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru < p>

References

Dimyati Mudjiono 2009 Belajar dan Pembelajaran Jakarta : PT Rineka Cipta

Hadi B 2021 Fenomena Learninng Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia: Learning Loss Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6 4

Idris S Amalia L 2020 Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Dikelurahan Wajo Baru Makassar Jurnal Ilmiah Ecosystem 20 1 94 97

Indy R Waani F J Kandowangko N 2019 Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara HOLISTIK Journal Of Social and Culture

Purbosari P M 2016 Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam IPA untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6 3 231 238

Mokoginta H Sojow L Manggopa H K 2021 Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 220 226

Nurfitriyanti M 2016 Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 2

Rais R Afriliana I Budihartono E 2017 Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 1 1 55 61

Rondonuwu S N N D Sumayku J Takaredase A 2022 Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 205 211

Sahempa S Togas P V Palilingan V R 2021 Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 1 12

Sari W Rifki A M Karmila M 2020 Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19 Jurnal Mappesona 3 2

Titu M A 2015 Penerapan model pembelajaran Project Based Learning PjBL untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi In Prosiding Seminar Nasional Vol 9 pp 176 186

Yunarti Y 2017 Pendidikan kearah pembentukan karakter Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11 02 262 278

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Grafis Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 328 334. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6944