Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Grafis Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.6944Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya, pada siklus-1 rata-rata presentase yang didapatkan berjumlah 68,44%. Presentase tersebut meningkat pada siklus-II yaitu sebesar 79,65%. Pada hasil ketuntasan belajar peserta didik dibagi menjadi dua yaitu, pada siklus-1 berjumlah 41,38% dan pada siklus-II meningkat menjadi 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran projct based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Tompasobaru.
References
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hadi, B. (2021). Fenomena Learninng Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia: Learning Loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4).
Idris, S., & Amalia, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Dikelurahan Wajo Baru Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), 94-97.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skill pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.
Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 220-226.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Rais, R., Afriliana, I., & Budihartono, E. (2017). Peningkatan Ketrampilan Multimedia CorelDraw Di SMK Assalafiyah kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1), 55-61.
Rondonuwu, S. N. N. D., Sumayku, J., & Takaredase, A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi 2D pada Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 205-211.
Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2).
Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 176-186).
Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.