Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas X SMA Kristen Kotamobagu

Authors

  • Reski Meydianto Rorong Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7035

Keywords:

Multimedia, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dapat mendukung dalam proses belajar mengajar Siswa Kelas X SMA Kristen Kotamobagu. Metode yang digunakan Menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan yaitu, Concept, Design, Material Collection, Assembly, Testing, dan Distribution. Untuk pengumpulan data menggunakan Observasi dan Studi Pustaka. Hasil dari Penelitian ini baik dari uji blackbox, ahli media, ahli materi menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif ini dapat digunakan dengan layak dan dapat dipergunakan di SMA Kristen Kotamobagu.

References

Annisa, N. F., Febrianti, R. A., & Primatama, R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Di Kelas Vi Sdn Leuwiranji 03. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 6, No. 1, pp. 394-404).

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71-84.

Hidayat, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI BANGUN RUANG (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Mewengkang, A., Batmetan, J. R., & Mosey, H. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MOBILE ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(6), 675-687.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75-83.

Supandi, R. A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Kompetensi Presentasi Video Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(3).

Tirtayani, L. A. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 387-396.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Rorong, R. M., Mewengkang, A., & Komansilan, T. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas X SMA Kristen Kotamobagu. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(2), 275-281. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7035