Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7038Keywords:
Media Sosial, Hasil Belajar Siswa, KorelasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan media sosial dengan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tondano. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain Korelasional penelitian ini bersifat korelasional karena penelitian ini berusaha menyelidiki korelasi antara dua variabel. Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan memberikan penafsiran dengan hasil penelitian. Hasil penelitian Bberdasarkan analisis deskriptif yang telah dilakukan dengan penggunaan media sosial Siswa SMK Negeri 1 Tondano dari 45 sampel, terdapat nilai maksimum sebesar 85 dengan mean 50,81 ini berartiI bahwa sebagian besar siswa menggunakan media sosial. penelitian ini diperoleh nilai Hasil Belajar siswa Siswa SMK Negeri 1 Tondano rata-rata yaitu 77,38 yang menunjukkan bahwa nilaiT tersebut berada diatas KKM. Dengan demikian Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan analisis regresi linier sederhana terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan Hasil Belajar siswa SMK Negeri 1 Tondano.
References
Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media televisi di era internet. ProTVF, 2(1), 101-110.
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47-56.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran: Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).
Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152.
Hartati, L. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan profesinalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo PersSada.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.