Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Hizkia Lagesan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Keith Francis Ratumbuisang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7038

Keywords:

Media Sosial, Hasil Belajar Siswa, Korelasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan media sosial dengan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tondano Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain Korelasional penelitian ini bersifat korelasional karena penelitian ini berusaha menyelidiki korelasi antara dua variabel Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan memberikan penafsiran dengan hasil penelitian Hasil penelitian Bberdasarkan analisis deskriptif yang telah dilakukan dengan penggunaan media sosial Siswa SMK Negeri 1 Tondano dari 45 sampel terdapat nilai maksimum sebesar 85 dengan mean 50 81 ini berartiI bahwa sebagian besar siswa menggunakan media sosial penelitian ini diperoleh nilai Hasil Belajar siswa Siswa SMK Negeri 1 Tondano rata rata yaitu 77 38 yang menunjukkan bahwa nilaiT tersebut berada diatas KKM Dengan demikian Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan analisis regresi linier sederhana terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan Hasil Belajar siswa SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>

References

Abdullah A Puspitasari L 2018 Media televisi di era internet ProTVF 2 1 101 110

Ardiansyah A A Nana N 2020 Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah Indonesian Journal Of Educational Research and Review 47 56

Arikunto S 2013 Dasar dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad A 2011 Media Pembelajaran: Jakarta Rajagrafindo Persada

Cahyono A S 2016 Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia Publiciana 9 1 140 157

Fimansyah D 2015 Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika Judika Jurnal Pendidikan UNSIKA 3 1

Fitriani Y 2017 Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat Paradigma 19 2 148 152

Hartati L 2015 Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3 3

Putri W S R Nurwati N Santoso M B 2016 Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3 1

Rusman 2013 Model Model Pembelajaran: Mengembangkan profesinalisme Guru Jakarta: Rajawali Pers

Rusman 2011 Model Model Pembelajaran Jakarta: PT Raja grafindo PersSada

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: PT Alfabet

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tondano. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 390 397. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i2.7038