Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan

Authors

  • Ryando Jiffio Monangin Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Rudy Harijadi Wibowo Pardanus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7039

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Komputer dan Jaringan dasar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan dasar Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek Subjek dalam penelitian ini adalah 17 siswa di kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan Peneliti melaksanakan observasi wawancara tes dan juga dokumentasi Dari hasil belajar pada siklus pertama jumlah siswa yang mencapai KKM yaitu 13 orang siswa atau 76 47 dan yang tidak mencapai KKM berjumlah 4 orang atau 23 52 dari jumlah keseluruhan siswa Dalam siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 17 orang siswa atau 100 dan yang tidak mencapai KKM berjumlah 0 orang siswa atau 0 dari total keseluruhan siswa Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar Komputer dan Jaringan dasar kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan < em>< p>

References

Ariani N 2017 Peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pembelajaran berbasis proyek di kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba tahun pelajaran 2016 2017 Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma JPMS 3 1 38 47

Biesta G 2015 What is education for? On good education teacher judgement and educational professionalism European Journal of education 50 1 75 87

Fatmawati I 2021 Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 20 37

Festiawan R 2020 Belajar dan pendekatan pembelajaran Universitas Jenderal Soedirman 1 17

Hindriyanto R A Utaya S Utomo D H 2019 Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan 4 8 1092 1096

Ramadania F 2020 Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus Autisme STILISTIKA: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya 5 2 208 215

Rusman M 2010 Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sabirin F 2016 Peningkatan Kreativitas dan Kolaborasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemrograman di Politeknik Negeri Pontianak Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 5 2 195 211

Sandre H I Paat W R L Pratasik S 2021 Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 1 90 96

Suprijono 2013 Hasil Belajar Yokyakarta: Pusaka Pelajar

Wahyuni S 2020 Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melek Literasi Jurnal Isema: Islamic Educational Management 5 1 41 54

Tayeb T 2017 Analisis dan manfaat model pembelajaran AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 4 2 48 55

Tumuyu C Palilingan V R Waworuntu J 2021 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS SISWA SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 307 321

Zein M 2016 Peran guru dalam pengembangan pembelajaran Jurnal Inspiratif Pendidikan 5 2 274 285

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Kristen Kawangkoan. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 398 407. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7039