Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ratahan
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7049Keywords:
Motivasi Belajar, Hasil Belajar, KorelasionalAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Ratahan, hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ratahan dan hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Ratahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif. Adapun jenis penelitiannya yaitu korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian yang melibatkan 45 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian seperti kuesioner. Dari 44 butir soal yang diuji coba, terdapat 43 soal yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,953. Teknik analsis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik kolerasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Ratahan adalah 51,6 atau termasuk dalam kategori sedang, rata-rata hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Ratahan adalah 64,5 atau dalam kategori sedang, dan terdapat hubungan positf dan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Ratahan.
References
Adawiyah, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar Mahasiswa. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 131-148.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Dewi, A. A. (2018). Guru mata tombak pendidikan. CV Jejak (Jejak Publisher).
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1-13.
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan iklim semangat belajar pada siswa sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.
Khodijah, S. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id.
Lismayana. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII A Di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Skripsi Prodi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id. Diakses pada 23 Oktober 2022.
Luwunaung, L. N., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 152-158.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.
Pinas, R., Waworuntu, J., & Mewengkang, A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Keahlian TKJ Siswa SMK Kristen 1 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 118-129.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.
Sumera, A., Manggopa, H. K., & Waworuntu, J. (2023). Hubungan Antara Pemanfaatan Internet, Motivasi dan Prestasi Belajar, Siswa SMK Kristen Kawangkoan. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2), 205-211.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.