Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang

Authors

  • Julius Sasukul Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7050

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonayang Jenis penelitiaan ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model pre test pos test control group design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang Sampel yang digunakan adalah keseluruhan popoluasi lalu dibagi dalam 2 kelas secara random dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen 1 kelas sebagai kelas konrol Hasil penelitian ini menunjukan Sebelum melaksanakan proses pembelajaran terlebih dahulu dilakukan tes awal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa perbedaan nilai rata rata pre test kelas kontrol dan pre test kelas eksperimen yaitu 28 864 dan 31 591 Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan awal pada kedua kelas tersebut sebelum menerima perlakuan tidak memiliki perbedaan yang berarti Setelah mendapat nilai awal dari hasil pre test kedua kelas dalam penelitian selanjutnya dilakukan proses pembelajaran dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional terdapat perbedaan antara hasil post test kelas kontrol dan hasil post test kelas eksperimen yaitu 75 682 dan 86 364 Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji beda rata rata dua pihak diperoleh nilai thitung lebih besar daripada ttabel 4 229 gt; 2 018 Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata rata yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen sehingga dapat disimpulkan yaitu pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis maslah berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa < em>< p>

References

Abhyasari N P Kusmariyatni N N Agustiana I G A T 2020 Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA Mimbar PGSD Undiksha 8 1 111 122

Azwir A Astarina R 2022 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA Jurnal Pembelajaran dan Sains JPS 1 2

Betari M E 2020 Peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA di SD Jurnal pendidikan dasar flobamorata 1 2 1 17

Dewi Y Radia E H 2019 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Journal of Education Action Research 3 2 147 152

Islamiati N Rahmawati R Haris M 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MS SMAN 1 Kediri Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi Chemistry Education Practice 3 2 112 115

Karyawati K N Suja I W Sudiatmika A A I A R 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 12 3 129 139

Mandasari N A 2021 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang Jurnal Paedagogy 8 3 328 337

Rike A R 2019 Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa Learning motivation as determinant student learning outcomes

Salim S Lambertus L 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah PBM terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 6 1 28 38

Sari T L Koeswanti H D 2019 Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar Journal of Education Action Research 3 2 153 159

Sugiyono 2016 Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Cetakan ke 16 Bandung: Alfabeta

Sujatno E L Mewengkang A Takaredase A 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 567 580

Tampubolon R A Sumarni W Utomo U 2021 Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 5 5 3125 3133

Wulansari T Putra A Rusliah N Habibi M 2019 Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 10 1 35 47

Zakiah N E Sunaryo Y Amam A 2019 Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah langkah polya Teorema: Teori dan Riset Matematika 4 2 111 120

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 416 425. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7050