Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang

Authors

  • Julius Sasukul Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Parabelem Tinno Dolf Rompas Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7050

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Penelitian Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonayang. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model pre-test – pos-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan popoluasi lalu dibagi dalam 2 kelas secara random dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen 1 kelas sebagai kelas konrol. Hasil penelitian ini menunjukan Sebelum melaksanakan proses pembelajaran terlebih dahulu dilakukan tes awal (pre-test) untuk mengetahui kemampuan awal siswa, perbedaan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol dan pre-test kelas eksperimen yaitu 28,864 dan 31,591. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan awal pada kedua kelas tersebut sebelum menerima perlakuan tidak memiliki perbedaan yang berarti. Setelah mendapat nilai awal dari hasil pre-test kedua kelas dalam penelitian, selanjutnya dilakukan proses pembelajaran dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. terdapat perbedaan antara hasil post- test kelas kontrol dan hasil post-test kelas eksperimen yaitu 75,682 dan 86,364. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji beda rata-rata dua pihak, diperoleh nilai thitung lebih besar daripada ttabel (4,229 > 2,018). Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. sehingga dapat disimpulkan yaitu pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis maslah berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111-122.

Azwir, A., & Astarina, R. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA. Jurnal Pembelajaran dan Sains (JPS), 1(2).

Betari, M. E. (2020). Peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA di SD. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(2), 1-17.

Dewi, Y., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 147-152.

Islamiati, N., Rahmawati, R., & Haris, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MS SMAN 1 Kediri Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Chemistry Education Practice, 3(2), 112- 115.

Karyawati, K. N., Suja, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 129- 139.

Mandasari, N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Pandean Lamper 02 Semarang. Jurnal Paedagogy, 8(3), 328-337.

Rike, A. R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (Learning motivation as determinant student learning outcomes).

Salim, S., & Lambertus, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 28-38.

Sari, T. L., & Koeswanti, H. D. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 153- 159.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-16. Bandung: Alfabeta.

Sujatno, E. L., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 567-580.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125-3133.

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Sasukul, J., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sinonsayang. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 308-317. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7050