Pengaruh Media Pembelajaran Googlesites Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan

Authors

  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Landy Thomas Edison Sigar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7230

Keywords:

Media Pembelajaran Googlesites, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang apakah terdapat pengaruh yang signifikan juga melihat sejauh mana prestasi belajar pada saat menggunakan media pembelajaran googlesites ini pada proses pembelajaran Riset ini adalah penelitian pra experimentasl desain melalui cara one group pretest postest desgin dan subjek penelitiannya yaitu murid dikelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan yang mempunyai total 19 siswa Berdasarkan hasil riset ini yaitu pada uji prasyarat analisis dimana nilai signifikansi yang di dapatkan pada uji normalitas data yaitu mencapai 0 448 melebihi dengan pedoman keputusan yaitu lebih tinggi dari 0 05 maka memperoleh nilai selisih prestest dan postrest ini tersamai normal Kemudian dilanjutkan dengan uji beda paired sampel t test dimana setelah di analisis nilai probabilitas tingkat signifikansi 2 tailed yaitu dengn nilai sejumlah 0 000 atau dibawah nilai probabilitas diputskan yaitu 0 025 jadinya Hipotesis Ho yang menyatakan tidak terdpat perbedaan yang signifikan dalam nilai rata rata diantara kedua data pretest dan postest itu ditolak Selanjutnya dilakukan untuk mengethaui efektifitasnya oleh karena itu selanjut nya uji n gain skor berdasarkan dari hasil presentase uji keefektifisan n gain skor yaitu sebesar 57 0622 maka termasuk dalam ketagori tafsiran cukup efektif dengan demikian pengaruh media pembelajaran googlesites cukup efektif pada bidang pelajaran dasar deesain grasfis di kelas DKV SMK Negeri 1 Ratahan < em>< p>

References

Arikunto S 1999 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto S 2005 Dasar dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

Daryanto J 2018 Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat dalam Pembelajaran Bahasa Daerah pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar 8 15

Mudjiono D 2013 Belajar dan Pembelajaran Revisi PT Rinka Cipta

Sahempa S Palilingan V R Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhamaddiyah Naha EduTIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 12

Sugiyono 2014 Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sudjana A 2006 Undang Undang Sisdiknas System Pendidikan Nasional Jakarta: Sinar Grafika

Zain A 2020 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Pengaruh Media Pembelajaran Googlesites Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 426 432. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7230