Pengaruh Media Pembelajaran Googlesites Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan

Authors

  • Herry Sumual Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Arje Cerullo Djamen Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Landy Thomas Edison Sigar Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7230

Keywords:

Media Pembelajaran Googlesites, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang apakah terdapat pengaruh yang signifikan juga melihat sejauh mana prestasi belajar pada saat menggunakan media pembelajaran googlesites ini pada proses pembelajaran. Riset ini adalah penelitian pra experimentasl desain melalui cara one group pretest postest desgin dan subjek penelitiannya yaitu murid dikelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan yang mempunyai total 19 siswa. Berdasarkan hasil riset ini yaitu pada uji prasyarat analisis dimana nilai signifikansi yang di dapatkan pada uji normalitas data yaitu mencapai 0,448 melebihi dengan pedoman keputusan yaitu lebih tinggi dari 0,05, maka memperoleh nilai selisih prestest dan postrest ini tersamai normal. Kemudian dilanjutkan dengan uji beda paired sampel t test dimana setelah di analisis nilai probabilitas tingkat signifikansi (2-tailed) yaitu dengn nilai sejumlah 0,000 atau dibawah nilai probabilitas diputskan yaitu 0,025, jadinya Hipotesis Ho yang menyatakan tidak terdpat perbedaan yang signifikan dalam nilai rata rata diantara kedua data pretest dan postest itu ditolak. Selanjutnya dilakukan untuk mengethaui efektifitasnya oleh karena itu selanjut nya uji n gain skor, berdasarkan dari hasil presentase uji keefektifisan n gain skor yaitu sebesar 57,0622, maka termasuk dalam ketagori tafsiran cukup efektif, dengan demikian pengaruh media pembelajaran googlesites cukup efektif pada bidang pelajaran dasar deesain grasfis di kelas DKV SMK Negeri 1 Ratahan.

References

Arikunto, S. (1999). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2005). Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto, J. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat dalam Pembelajaran Bahasa Daerah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8-15.

Mudjiono, D. (2013). Belajar dan Pembelajaran (Revisi). PT Rinka Cipta.

Sahempa, S., Palilingan, V. R., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhamaddiyah Naha. EduTIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1-12.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, A. (2006). Undang-Undang Sisdiknas (System Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.

Zain, A. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Sumual, H., Djamen, A. C., & Sigar, L. T. E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Googlesites Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Siswa Kelas X DKV SMK Negeri 1 Ratahan. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 318-324. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7230