Pengeruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya

Authors

  • Yakob Juvanjao Linu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7231

Keywords:

Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Sekolah menengah kejuruan SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan yang paling diminati masyarakat saat ini Hal ini karena sekolah kejuruan tidak hanya memberikan pengajaran tetapi juga pengajaran keterampilan yang akan dibutuhkan siswa ketika mereka memasuki dunia kerja Selain itu pendidikan sekolah menengah kejuruan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan wirausaha kreatif dan produktif siswa sesuai dengan profesi pilihan mereka Ukuran kemajuan pendidikan dalam kemajuan belajar mengajar di sekolah adalah pencapaian hasil belajar siswa Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Proses kegiatan dapat dibuat lebih efisien dengan pendekatan yang tepat Dengan secara efektif mengambil bagian dalam pengalaman pertumbuhan yang lebih realistik dan mampu menghasilkan sesuatu Siswa mungkin dapat mencapai tujuan mereka dengan memilih model pembelajaran PBL diharapkan model pembelajaran ini mampu melatih dan mengkonstruksi kemampuan siswa Peningkatan hasil belajar siswa merupakan tujuan dari model PBL Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan siswa kelas XI TKJ SMK N 1 Mopuya Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi Quasi experiment adalah peningkatan dari true experimental design Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Mopuya Dapat dilihat peningkatan hasil belajar jika model berbasis masalah ini digunakan pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan siswa kelas XI TKJ SMK N 1 Mopuya < em>< p>

References

Anni C Rifa i A 2011 Psikologi Pendidikan Semarang : UNNES Press

Anggraini F 2017 Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02 Jurnalmitrapendidikan Volume 1 Nomor 6 Agustus

Arikunto S 2001 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah S 2022 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik O 1994 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru

Istarani Pulungan I 2015 Ensiklopedi Pendidikan Medan: CV Iscom Medan

Kemendikbud 2014 Konsep Pendekatan Scientific Kemendikbud Jakarta

Komalasari K 2013 Pembelajaran Konstektul Bandung: PT Refika Adiatama

Kurniasih I Berlin S 2014 RPP Kata Pena: Yogyakarta

Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508

Priansa D 2015 Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Bandung : ALFABETA

Slameto 2003 Belajar dan hal hal yang mempengaruhinya Jakarta: Cipta Rineka

Sudjana 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsiro

Sudjana N 2005 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algasindo

Purwanto 2010 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Pengeruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Mopuya. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 433 443. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7231