Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Sistem Kommputer Kelas X DKV SMK Negeri 1 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7346Keywords:
Media Pembelajaran, Sistem Komputer, MDLCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Sistem Komputer. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan prosedur penelitian dari Sutopo yang lebih dikenal Multimedia Development Life Cycle. Hasil Penelitia ini yakni; 1) Berhasil dikembangkannya media pembelajaran interaktif mata pelajaran sistem komputer; dan 2) tingkat kelayakan media pembelajaran ini dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Ahli media memberi skor rerata 3.80 dengan kriteria sangat layak sedangkan ahli materi memberi skor 3.81 denga kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran ini sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer.
References
Alqadri, S. N. Z., Iriani, R., & Hamid, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually Dan Repetition (AIR) Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(3), 108-115.
Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf dan Angka dengan Model ADDIE. Jurnal Education and Development, 9(4), 426-432.
Binanto, I. (2010). Metodologi pengembangan multimedia. Multimedia Digital–Dasar Teori dan Pengembangannya, 1st ed., Andi, Ed. Yogyakarta, 259-263.
Degeng, I. N. (2018). Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1-16.
Herdiyanto, D. M., Sulton, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi tema tanah bagi siswa tunagrahita. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 88-96.
Istianah, Y., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan transisi morph dan zoom materi perbandingan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 113.
Pradana, I. B., Setyosari, P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi cahaya. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26-32.
Pradnyana, I. K. A., Pradnyana, I. M. A., & Suyasa, P. W. A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PPKN untuk Siswa Tunagrahita dengan Konsep Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 166-176.
Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.
Sadiman. (2017). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Subhan, M., & Rahmawati, E. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 5(2), 6-11.
Wowor, B. M., Wonggo, D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Mobile di SMP Kristen Tondangow. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(6), 843-849.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.