Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK 2 Manado

Authors

  • Ifano Richardo Sorongan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Billy Morris Harold Kilis Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7415

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual pada kelas X DKV di SMK Negeri 2 Manado menggunakan model Project Based Learning (PjBL) Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Manado. Pengumpulan data dilakukan melalui Pre Test, siklus I, dan siklus II, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Negeri 2 Manado. Pada Pre Test, nilai rata-rata siswa sebesar 72 dengan tingkat ketuntasan sebesar 47%, sedangkan pada siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75 dengan tingkat ketuntasan sebesar 60%. Pada siklus 2, nilai rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 85 dengan tingkat ketuntasan sebesar 87%.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Negeri 2 Manado. Dalam penelitian tindakan kelas ini, guru berperan aktif dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, sehingga dapat memperoleh umpan balik yang berguna dalam perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat mengimplementasikan model PjBL secara konsisten dan terstruktur, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang.

References

Anwar, K. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dianawati, E. P. (2022). PROJECT BASED LEARNING (PjBL): Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini. Penerbit P4I.

Purwanto, N. (2019). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.

Setiawan, A. (2016). Pencapaian Sense of Design dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(02), 207-217.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2020). Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Wahyuni, S., Luthviati, R. D., Hayat, M. J., & Mishra, U. K. (2022). The Registration Policy of Interfaith Marriage Overseas for Indonesian Citizen. Bestuur, 10(1), 12-21.

Walisyah, T. (2019). Bentuk-Bentuk Komunikasi Visual Dalam Periklanan. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 6(1), 33-57.

Yudhanegara, M. R. (2016). Evaluasi Pembelajaran: Konsep, Teknik, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Sorongan, I. R., Kilis, B. M. H., & Waworuntu, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK 2 Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 345-355. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7415