Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK 2 Manado

Authors

  • Ifano Richardo Sorongan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Billy Morris Harold Kilis Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7415

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual pada kelas X DKV di SMK Negeri 2 Manado menggunakan model Project Based Learning PjBL Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kuantitatif Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Manado Pengumpulan data dilakukan melalui Pre Test siklus I dan siklus II yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Negeri 2 Manado Pada Pre Test nilai rata rata siswa sebesar 72 dengan tingkat ketuntasan sebesar 47 sedangkan pada siklus 1 nilai rata rata siswa meningkat menjadi 75 dengan tingkat ketuntasan sebesar 60 Pada siklus 2 nilai rata rata siswa semakin meningkat menjadi 85 dengan tingkat ketuntasan sebesar 87 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual di kelas X DKV SMK Negeri 2 Manado Dalam penelitian tindakan kelas ini guru berperan aktif dalam merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sehingga dapat memperoleh umpan balik yang berguna dalam perbaikan pembelajaran di masa yang akan datang Oleh karena itu disarankan agar guru dapat mengimplementasikan model PjBL secara konsisten dan terstruktur serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan pengalaman belajar siswa di masa yang akan datang < em>< p>

References

Anwar K 2010 Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto S 2013 Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Dianawati E P 2022 PROJECT BASED LEARNING PjBL : Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini Penerbit P4I

Purwanto N 2019 Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik dan Prosedur Jakarta: Prenadamedia Group

Sanjaya W 2013 Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Santika I G N Suastra I W Arnyana I B P 2022 Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa Jurnal Education and Development 10 1 207 212

Setiawan A 2016 Pencapaian Sense of Design dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Multimedia 2 02 207 217

Sudjana N Rivai A 2020 Media Pembelajaran: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan Bandung: Sinar Baru Algesindo

Wahyuni S Luthviati R D Hayat M J Mishra U K 2022 The Registration Policy of Interfaith Marriage Overseas for Indonesian Citizen Bestuur 10 1 12 21

Walisyah T 2019 Bentuk Bentuk Komunikasi Visual Dalam Periklanan Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam 6 1 33 57

Yudhanegara M R 2016 Evaluasi Pembelajaran: Konsep Teknik dan Implementasi Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK 2 Manado. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 453 463. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7415