Pengembangan Media Pembelajaran Fotografi di SMK Negeri 1 Tareran

Authors

  • Hellena Saruan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Keith Francis Ratumbuisang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7416

Keywords:

Media Pembelajaran, Fotografi, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini tentang pengembangan media pembelajaran fotografi SMK Negeri 1 Tareran. Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE, model ini menggunakan 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate. Pengguna eksperimen ini ada siswa SMK Negeri 1 Tareran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dimana dibagi 2 penilaian angket untuk ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian media pembelajaran fotografi ini termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini sesuai dengan hasil analisis angket dari ahli media, ahli materi, dan responden yang menilai bahwa media pembelajaran ini masuk dalam kategori layak. Ahli media menyatakan sangat layak yaitu diperoleh persentase dengan rata – rata 3,75 dari skala 4,00. Ahli materi menyatakan sangat layak dengan rata – rata 3,65 dari skala 4,00. Responden mengkategorikan media dalam kategori sangat layak dengan rata – rata 3,79.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bakri, H. (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Jurnal MEDTEK UNM, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2011.

Harjanto, A. M., Prahasto, I. T., ASc, M., & Suhartono, M. (2012). Rancang bangun computer assisted instruction (cai) sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran fisika sekolah menengah atas (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Mudlofir, A. E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Press.

Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.

Prihati, Y., & Paramita, P. (2016). Efektifitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa tunagrahita ringan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 10(2).

Sudarma, I. K. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Saruan, H., Komansilan, T., Togas, P. V., & Ratumbuisang, K. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fotografi di SMK Negeri 1 Tareran. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 356-363. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7416