Pengembangan Pembelajaran Grafis Kelas XI Multimedia SMK Cokroaminoto Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7420Keywords:
Pembelajaran, Grafis, MultimediaAbstract
Penelitian ini tentang pengembangan pembelajaran grafis SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle), model ini menggunakan 6 tahapan yaitu Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, Distribution. Pengguna eksperimen ini ada siswa Kelas XI Multimedia SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Hasil penelitian pembelajaran grafis ini baik dari uji Developer, ahli media, ahli materi, dan End User yang menilai bahwa pembelajaran grafis ini layak untuk digunakan, karena dari hasil pengujian tidak terdapat banyak kesalahan yang terjadi saat pengoperasian aplikasi dan berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan.
References
Asyhar, R. (2018). The Development Of The Conceptual Learning Design Model Based On Generic Skills. The Online Journal of New Horizons in Education-January, 8(1).
Alwasilah, A. C., & Puncochar, J. (2016). Memberdayakan pendidikan tinggi di Indonesia.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.
Masloman, J. B. (2014). Perancangan Modul Pembelajaran Teknik Animasi Dasar Berbasis Multimedia di SMK. Skripsi. Program S-1 PTIK Universitas Negeri Manado.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori, Praktik dan Penilaian). Jakarta: Rajawali Pers.
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wibowo, I. T. (2015). Belajar Desain Grafis. Yogyakarta: Notebook.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.