Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Program Keahlian Siswa Kelas X TJKT 2 SMK Negeri 2 Bitung
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7477Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Dasar Dasar Program KeahlianAbstract
Dengan menggunakan model PBL, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada materi Pokok-Pokok Keahlian Kelas X TJKT 2 SMK Negeri 2 Bitung. Peneliti memberikan motivasi belajar, mengkomunikasikan tujuan, dan melakukan diskusi kelompok dan latihan soal. Dua siklus penelitian tindakan kelas akan digunakan dalam penelitian ini. Setiap siklus diselesaikan dalam tahapan penyusunan kegiatan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran model PBL, observasi dan refleksi. Strategi pemilahan informasi dilakukan melalui observasi. Metode deskriptif digunakan untuk membandingkan hasil siklus 1 dan siklus 2 untuk tujuan analisis data. Hal ini menunjukkan bahwa temuan penelitian ini disajikan sebagaimana adanya, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memberikan ringkasan fakta. Sementara itu untuk menghitung peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan kerangka normal kelas pada hasil penilaian setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran kelas X TJKT 2 SMK Negeri 2 Bitung pada mata pelajaran Dasar Dasar Program Keahlian, dibuktikan dengan: nilai normal kelas dan puncak belajar siswa. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75, dan siklus II sebesar 82,96. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, dan Siklus II sebesar 90%.
References
Anggraini, F. (2017) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal mitra pendidikan, Volume 1, Nomor 6, Agustus 2017.
Anni, C., & Rifa'I, A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang.: UNNES Press.
Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. (2022). .Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (1994). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hariyanto, & Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. .Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Istarani & Intan, P. (2015). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: CV. Iscom Medan.
Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.
Kemendikbud. (2014). Konsep Pendekatan Scientific. Kemendikbud. Jakarta.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Konstektul. Bandung: PT. Refika Adiatama.
Kurniasih, I & Berlin S. (2014). RPP. Kata Pena: Yogyakarta.
Liando, M. A. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 193-204.
Manggopa, H. K., Kenap, A. A., Manoppo, C. T. M., Batmetan, J. R., & Mewengkang, A. (2019). The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials. 299 (Ictvet 2018), 504-508. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.115
Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
Purwanto. (2010). Evaluasi hsil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Slameto. (2003). Belajar dan hal-hal yang mempengaruhinya. Jakarta: Cipta Rineka.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar (D. Vonny Kirana (ed.); 1st ed.). Haura Publishing.
Yamin, M. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. GP Press Group: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.