Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dasar Program Keahlian Siswa Kelas X TJKT 2 SMK Negeri 2 Bitung
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7477Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Dasar Dasar Program KeahlianAbstract
Dengan menggunakan model PBL tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pada materi Pokok Pokok Keahlian Kelas X TJKT 2 SMK Negeri 2 Bitung Peneliti memberikan motivasi belajar mengkomunikasikan tujuan dan melakukan diskusi kelompok dan latihan soal Dua siklus penelitian tindakan kelas akan digunakan dalam penelitian ini Setiap siklus diselesaikan dalam tahapan penyusunan kegiatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran model PBL observasi dan refleksi Strategi pemilahan informasi dilakukan melalui observasi Metode deskriptif digunakan untuk membandingkan hasil siklus 1 dan siklus 2 untuk tujuan analisis data Hal ini menunjukkan bahwa temuan penelitian ini disajikan sebagaimana adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memberikan ringkasan fakta Sementara itu untuk menghitung peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan kerangka normal kelas pada hasil penilaian setiap siklus Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran kelas X TJKT 2 SMK Negeri 2 Bitung pada mata pelajaran Dasar Dasar Program Keahlian dibuktikan dengan: nilai normal kelas dan puncak belajar siswa Nilai rata rata pada siklus I sebesar 75 dan siklus II sebesar 82 96 Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60 dan Siklus II sebesar 90 < em>< p>
References
Anggraini F 2017 Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02 Jurnal mitra pendidikan Volume 1 Nomor 6 Agustus 2017
Anni C Rifa I A 2011 Psikologi Pendidikan Semarang : UNNES Press
Arikunto S 2001 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah S 2022 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik O 1994 Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru
Hariyanto Warsono 2012 Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Istarani Intan P 2015 Ensiklopedi Pendidikan Medan: CV Iscom Medan
Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208
Kemendikbud 2014 Konsep Pendekatan Scientific Kemendikbud Jakarta
Komalasari K 2013 Pembelajaran Konstektul Bandung: PT Refika Adiatama
Kurniasih I Berlin S 2014 RPP Kata Pena: Yogyakarta
Liando M A J 2022 Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 193 204
Manggopa H K Kenap A A Manoppo C T M Batmetan J R Mewengkang A 2019 The Development of Web Learning as Media to Deliver Web Programming Materials 299 Ictvet 2018 504 508 https: doi org 10 2991 ictvet 18 2019 115
Priansa D J 2015 Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Bandung: ALFABETA
Purwanto 2010 Evaluasi hsil Belajar Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sanjaya W 2013 Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Proses Pendidikan Kencana: Jakarta
Slameto 2003 Belajar dan hal hal yang mempengaruhinya Jakarta: Cipta Rineka
Sudjana N 2005 Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algasindo
Syahputra E 2020 Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar D Vonny Kirana ed ; 1st ed Haura Publishing
Yamin M 2013 Strategi Metode dalam Model Pembelajaran GP Press Group: Jakarta
