Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado

Authors

  • Celsius Taniwut Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Marleen Marion Sumampouw Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7478

Keywords:

Pendidikan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan ialah salah satu sarana untuk mewujudkan masyarakat yang bermutu Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan Gambaran kualitas pendidikan di sekolah adalah hasil belajar siswa yang dicapai oleh siswa di sekolah tersebut Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran informatika di sekolah SMK Negeri 5 Manado Jenis penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas PTK Model Lewin Menurut Suyadi secara garis besar memilik tahapan dalam penelitian tesersebut yaitu: perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Jumlah siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado berjumlah 33 siswa siswa yang merupakan subjek dalam penelitian ini Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya Dapat dibuktikan dalam siklus pertama hasil belajar siswa meningkat menjadi 33 3 Dan pada siklus kedua meningkat hingga 78 8 sehingga dapat mencapai ketuntasan minimum untuk itu pada siklus kedua dinyatakan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikatakan berhasil< em> < em>< p>

References

Arends R 2008 Learning to Teach Jokjakarta: Pustaka Pelajar

Cunayah C dan Sembiring S 2009 Belajar dan pembelajaran

Ekayani P 2017 Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 2 1 1 11

Haderani H 2018 Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7 1

Hasibuan R F Sylvia I 2020 Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 2 1 44 52

Korompot S Rahim M Pakaya R 2020 Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar JAMBURA Guidance and Counseling Journal 1 1 40 48

Maksum A 2009 Paradoks guru pendidikan jasmani Journal of Physical Education and Sport 1 1 1 13

Ratumanan T G 2004 Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Santyasa W 2008 Pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif Disajikan dalam pelatihan tentang pembelajaran dan asesmen inovatif bagi guru guru sekolah menengah: Nusa Penida

Somnaikubun D Paat W R L Palilingan V R 2022 Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 295 307

Sunardjo R N Yudhianto S A Rahman T 2016 Analisis implementasi keterampilan berpikir dasar dan kompleks dalam buku IPA pegangan siswa SMP kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran In Proceeding Biology Education Conference Vol 13 No 1 pp 133 144

Susanto S 2020 Efektifitas small group discussion dengan model problem based learning dalam pembelajaran di masa pandemi Covid 19 Jurnal Pendidikan Modern 6 1 55 60

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(6), 524 531. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7478