Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7478Keywords:
Pendidikan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstract
Pendidikan ialah salah satu sarana untuk mewujudkan masyarakat yang bermutu. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan. Gambaran kualitas pendidikan di sekolah adalah hasil belajar siswa yang dicapai oleh siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran informatika di sekolah SMK Negeri 5 Manado. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) Model Lewin Menurut Suyadi secara garis besar memilik tahapan dalam penelitian tesersebut yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado berjumlah 33 siswa siswa yang merupakan subjek dalam penelitian ini. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dapat dibuktikan dalam siklus pertama hasil belajar siswa meningkat menjadi 33,3%. Dan pada siklus kedua meningkat hingga 78,8% sehingga dapat mencapai ketuntasan minimum, untuk itu pada siklus kedua dinyatakan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikatakan berhasil.
References
Arends, R., (2008). Learning to Teach. Jokjakarta: Pustaka Pelajar
Cunayah, C., dan Sembiring S. (2009). Belajar dan pembelajaran.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Hasibuan, R. F., & Sylvia, I. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.
Maksum, A. (2009). Paradoks guru pendidikan jasmani. Journal of Physical Education and Sport, 1(1), 1-13.
Ratumanan, T., G., (2004). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Santyasa, W., (2008). Pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif. Disajikan dalam pelatihan tentang pembelajaran dan asesmen inovatif bagi guru-guru sekolah menengah: Nusa Penida
Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.
Sunardjo, R. N., Yudhianto, S. A., & Rahman, T. (2016). Analisis implementasi keterampilan berpikir dasar dan kompleks dalam buku IPA pegangan siswa SMP kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. In Proceeding Biology Education Conference (Vol. 13, No. 1, pp. 133-144).
Susanto, S. (2020). Efektifitas small group discussion dengan model problem based learning dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.