Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kristen Kawangkoan
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7479Keywords:
Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar siswa SMK Kristen Kawangkoan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan metode korelasional. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25, dengan ukuran sampel sebanyak 20 orang siswa. Terdapat tiga instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data, yaitu instrumen penelitian penggunaan media pembelajaran dan instrumen penelitian minat belajar yang berupa angket serta instrumen penelitian hasil belajar yang berbentuk nilai raport akhir semester. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar. Hasil uji F ditemukan bahwa F_hitung>F_tabel (4,090727> 3,59) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran, minat dan hasil belajar.
References
Arif, S. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada..
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1).
Budi, A. S., & Sutrisno, S. (2019) Keefektifan Model Inquiry Pada Tema 6 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SDN Bendungan Semarang. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(3), 135-140.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S. B & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 4, 104– 117.
Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74.
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal pendidikan dasar, 6(1), 11-23.
Rosyidah, L. A. U., & Sholihah, F. N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui E-Learning pada Materi Ekosistem. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 7(1), 59-66.
Semiawan, C. (2013). Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Prenhalindo.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Situmorang, A. S., & Siahaan, F. B. (2019). Desain Model Pencapaian Konsep terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1), 55-61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.