Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kristen Kawangkoan

Authors

  • Undap Yeremia Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Agustinus Takaredase Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7479

Keywords:

Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran minat belajar dan hasil belajar siswa SMK Kristen Kawangkoan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan metode korelasional Selanjutnya data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dengan ukuran sampel sebanyak 20 orang siswa Terdapat tiga instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu instrumen penelitian penggunaan media pembelajaran dan instrumen penelitian minat belajar yang berupa angket serta instrumen penelitian hasil belajar yang berbentuk nilai raport akhir semester Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran minat belajar dan hasil belajar Hasil uji F ditemukan bahwa F_hitung gt;F_tabel 4 090727 gt; 3 59 maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran minat dan hasil belajar < em>< p>

References

Arif S 2014 Media pendidikan : pengertian pengembangan dan pemanfaatannya Depok: PT Raja Grafindo Persada

Andira P A Utami A Astriana M Walid A 2022 Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Pionir: Jurnal Pendidikan 11 1

Budi A S Sutrisno S 2019 Keefektifan Model Inquiry Pada Tema 6 Subtema 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SDN Bendungan Semarang JS JURNAL SEKOLAH 2 3 135 140

Daryanto 2016 Media Pembelajaran Yogyakarta: Gava Media

Djamarah S B Zain A 2010 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Falahudin I 2014 Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran 4 104 117

Herawati H 2020 Memahami proses belajar anak Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 4 1 27 48

Kurniawan S 2017 Pendidikan Karakter: Konsepsi Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga Sekolah Perguruan Tinggi dan Masyarakat Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Munadi Y 2013 Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru Jakarta: Referensi

Putri B B A Muslim A Bintaro T Y 2019 Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang Jurnal Educatio Fkip UNMA 5 2 68 74

Riwahyudin A 2015 Pengaruh sikap siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di Kabupaten Lamandau Jurnal pendidikan dasar 6 1 11 23

Rosyidah L A U Sholihah F N 2021 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui E Learning pada Materi Ekosistem EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan Pembelajaran dan Teknologi 7 1 59 66

Semiawan C 2013 Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini Jakarta: Prenhalindo

Siagian R E F 2015 Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 2

Situmorang A S Siahaan F B 2019 Desain Model Pencapaian Konsep terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan 25 1 55 61

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kristen Kawangkoan. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(6), 532 544. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7479