Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kumelembuai
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7480Keywords:
Media Sosial, Status Sosial Ekonomi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi terhadap hasil belajar informatika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kumelembuai Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif Merupakan suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka mulai dari pengumpulan data penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya Hasil yang di temui pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi dengan hasil belajar informatika siswa sangat kuat Besar pengaruh bersama sama media sosial dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar informatika sebesar 69 7 secara signifikan dengan rx1x2 y < sub>=0 835 yang berada pada interval 0 80 1 000 yang merupakan pengaruh yang sangat kuat Telah diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar informatika antara lain media sosial dan status sosial ekonomi sehingga mempengaruhi hasil belajar informatika siswa Oleh karena itu dapat memperkuat hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif antara media sosial dan status sosial ekonomi secara bersama sama dengan hasil belajar informatika siswa Dengan demikian Terdapat pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar informatika Pada siswa kelas VII SMP N 1 Kumelembuai < em>< p>
References
Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Girsang C N 2020 Pemanfaatan micro influencer pada media sosial sebagai strategi public relations di era digital Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi 12 2 206 225
Herdiawan T A 2018 Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Anak Melanjutkan Sekolah Ke Jenjang Yang Lebih Tinggi Studi Deskriptif di Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang Doctoral dissertation FKIP UNPAS
Herawati H 2020 Memahami proses belajar anak Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 4 1 27 48
Mahmudah S M Rahayu M 2020 Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan Jurnal Komunikasi Nusantara 2 1 1 9
Masitoh S 2018 Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045 Proceedings of the ICECRS 1 3 v1i3 1377
Muhson A 2010 Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi Jurnal pendidikan akuntansi indonesia 8 2
Najwa A N S Hanafi K M 2022 Pengaruh Media Sosial Terhadap Cara Orang Indonesia Menggunakan Bahasa Protasis: Jurnal Bahasa Sastra Budaya dan Pengajarannya 1 2 15 20
Oryza S B Listiadi A 2021 Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen dan Keuangan 5 1 23 36
Salay R 2019 Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning TCL Dengan Student Centered Learning SCL
Sugiyono 2016 Statistik untuk Penelitian Bandung: CV ALFABETA
Utomo S D Adi B W 2018 Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2017 2018 Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 4 1
