Pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kumelembuai
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i3.7480Keywords:
Media Sosial, Status Sosial Ekonomi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi terhadap hasil belajar informatika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kumelembuai. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Merupakan suatu metode yang bertujuan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Hasil yang di temui pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi dengan hasil belajar informatika siswa sangat kuat. Besar pengaruh bersama sama media sosial dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar informatika sebesar 69,7% secara signifikan dengan rx1x2.y =0,835 yang berada pada interval 0,80-1,000 yang merupakan pengaruh yang sangat kuat. Telah diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar informatika, antara lain media sosial dan status sosial ekonomi sehingga mempengaruhi hasil belajar informatika siswa. Oleh karena itu dapat memperkuat hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh positif antara media sosial dan status sosial ekonomi secara bersama-sama dengan hasil belajar informatika siswa. Dengan demikian Terdapat pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar informatika Pada siswa kelas VII SMP N 1 Kumelembuai.
References
Arikunto, S. (2006), Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta)
Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan micro-influencer pada media sosial sebagai strategi public relations di era digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206-225.
Herdiawan, T. A. (2018). Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Anak Melanjutkan Sekolah Ke Jenjang Yang Lebih Tinggi (Studi Deskriptif di Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.
Mahmudah, S. M. & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.
Masitoh, S. (2018). Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1377.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).
Najwa, A. N. S., & Hanafi, K. M. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Cara Orang Indonesia Menggunakan Bahasa. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1(2), 15-20.
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 5(1), 23-36.
Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL).
Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.
Utomo, S. D., & Adi, B. W. (2018). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.