Hubungan Antara Minat dan Prestasi Belajar Siswa TKJ SMK Negeri 1 Bitung

Authors

  • Evalinda Evalinda Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Jimmy Waworuntu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7492

Keywords:

Minat, Prestasi Belajar, Korelasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat dan prestasi belajar siswa TKJ SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bersifat ex factoyang melibatkan 42 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian seperti kuesioner.Dari 38 butir soal yang diuji coba terdapat 34 soal yang valid dengan nilai realibilitas sebesar 0,854. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik korelasi product moment. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa cukup memuaskan dengan nilai rata-rata 73,52 sehingga dinyatakan terdapat hubungan positif antara minat dan prestasi belajar siswa TKJ XI SMK Negeri 1 Bitung. 

References

Bailey, K D. (1978). Methods of Social Research. New York: The Free Press.

Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). Implementasi sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 229-244.

Hinkle,D E. (1979). Applied Statistics for the Bahavioral Science. London: Houghton Mifflin Company.

Kolesnik, W. B. (1963). Educational Psychology. USA: Mc Graw Hill Book Company.

Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 438-448.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Putrawan, I. M. (1990). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian – Penelitian Sosial. Penerbit Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W.J.S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12.

Sasoeng, N. J., Wonggo, D., & Liando, O. E. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2), 243-252.

Suryabrata, S. (1981) Psychology Belajar, Kumpulan Naskah Penataran Bimbingan dan Konseling Untuk Tenaga Pengajar Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen P dan K Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).

Triansyah, F. A., & Muhammad, I. (2023). Tinjauan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(3), 34-46.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Evalinda, E., Waworuntu, J., & Togas, P. V. (2023). Hubungan Antara Minat dan Prestasi Belajar Siswa TKJ SMK Negeri 1 Bitung. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 446-453. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7492