Pengaruh Literasi Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tenga
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7504Keywords:
Literasi Digital, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi Selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga sebanyak 63 orang sekaligus digunakan sebagai Sampel dikarenakan popolasi yang kurang dari 100 Instrumen penelitian literasi digital dan media pembelajaran menggunakan angket sedangkan pada hasil belajar menggunakan studi dokumentasi Adapun hasil penelitian ini menunjukan literasi digital X1< sub> memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Y secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0 402 media pembelajaran X2< sub> memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Y secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0 482 Kemudian literasi digital X1< sub> dan media pembelajaran X2< sub> memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Y secara langsung dan simultan dengan koefisien regresi sebesar 0 509 < em>< p>
References
Bawden D 2001 Information and digital literacies: a review of concepts Jurnal of documentation
Djali 2012 Psikologi pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara 98 100
Hadi S 2004 Analisis Regresi Yogyakarta: Andi Offset
Kemendikbud 2017 Materi Pendukung Literasi Digital Jakarta: Gerakan Literasi Belajar https: repositori kemdikbud go id 11635 1 cover materi pendukung literasi digital gabung pdf
Legendari M A Raharjo H 2016 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas Viii Di Smp N 1 Ciledug Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching 5 1 70 79
Purwanto M N 2010 Psikologi Pendidikan Bandung: PT Rosdakarya
Rahmijati E 2023 Meningkatkan hasil belajar matematika materi persamaan dan fungsi kuadrat melalui penggunaan multimedia ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 1 1 161 176
Sugiyono 2004 Metode Penelitian Bandung: Alfabe
Sugiyono 2008 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2011 Metode Penelitian Administrasi Bandung: Alfabeta
Sukmadinata N S 2009 Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suparmi S 2018 Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Journal of Natural Science and Integration 1 1 62 68
Susilana R Riyana C 2008 Media pembelajaran: hakikat pengembangan pemanfaatan dan penilaian CV Wacana Prima
Tumembow A D Parinsi M T Palilingan V R 2021 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 6 665 674 https: doi org 10 53682 edutik v1i6 3252
