Pengaruh Literasi Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tenga
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7504Keywords:
Literasi Digital, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga sebanyak 63 orang sekaligus digunakan sebagai Sampel, dikarenakan popolasi yang kurang dari 100. Instrumen penelitian literasi digital dan media pembelajaran menggunakan angket sedangkan pada hasil belajar menggunakan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan literasi digital (X1) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0,402, media pembelajaran (X2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0,482. Kemudian literasi digital (X1) dan media pembelajaran (X2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dan simultan dengan koefisien regresi sebesar 0,509.
References
Bawden, D (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Jurnal of documentation.
Djali. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, (98-100).
Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kemendikbud. (2017) Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Gerakan Literasi Belajar https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/1/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf
Legendari, M. A., & Raharjo, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas Viii Di Smp N 1 Ciledug. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 70-79.
Purwanto, M. N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.
Rahmijati, E. (2023). Meningkatkan hasil belajar matematika materi persamaan dan fungsi kuadrat melalui penggunaan multimedia. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 161-176.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabe
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62-68.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Tumembow, A. D., Parinsi, M.T., & Palilingan, V.R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi,1(6), 665-674. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3252