Pengaruh Pengguanaan Media Edukasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano

Authors

  • Susanti Higinik Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7505

Keywords:

Media Edukasi Kahoot, Motivasi Belajar, Korelasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X BDP 32 respondent Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano berdasarkan persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai = 7 352 0 767x dimana penggunaan media edukasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0 700 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan media edukasi kahoot variabel X terhadap motivasi belajar siswa variabel Y tergolong kuat Berdasarkan signifikan Fhitung = 28 821 gt; FTabel = 4 17 Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano Pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 49 sedangkan 51 di pengaruhi oleh faktor lain < em>< p>

References

Ardiansyah M 2020 Pemanfaatan aplikasi KAHOOT sebagai media pembelajaran matematika kreatif JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 6 2 145 155

Arikunto S 1998 Pendekatan Penelitian

Duli N 2019 Metodologi Pendidikan Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi analisis data dengan SPSS Deepublish

Emda A 2018 Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Lantanida journal 5 2 172 182

Hamid A M Ramadhani R Masrul M Juliana J Safitri M Munsarif M Simarmata J 2020 Media pembelajaran Yayasan Kita Menulis

Lestari E T 2020 Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar Deeoublish

Mamuaja M P Tambingon H N Rotty V N J Pratasik S 2022 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 5 4458 4469

Paende A Mewengkang A Batmetan J R 2022 Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 5 715 723

Pratasik S Ahyar B M 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 359 373

Setiawan F Febriyana E Dianti E F Sari M 2022 Penggunaan Kahoot Sebagai Media Interaktif Terhadap Kemudahan Penggunaan Dan Minat Belajar Siswa SMK Jurusan TKJ Se Kecamatan Natar Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional 4 1

Sugiyono P D 2019 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Kombinasi R d dan Penelitian Pendidikan Metode Penelitian Pendidikan 67

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Pengaruh Pengguanaan Media Edukasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. (2023). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(6), 576 588. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7505