Pengaruh Pengguanaan Media Edukasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano

Authors

  • Susanti Higinik Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7505

Keywords:

Media Edukasi Kahoot, Motivasi Belajar, Korelasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X BDP (32 respondent). Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. berdasarkan persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai Ŷ= 7.352+ 0,767x dimana penggunaan media edukasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0,700 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan media edukasi kahoot (variabel X) terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) tergolong kuat. Berdasarkan signifikan Fhitung = 28,821 > FTabel = 4,17 Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) adalah sebesar 49% sedangkan 51% di pengaruhi oleh faktor lain.

References

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan aplikasi KAHOOT! sebagai media pembelajaran matematika kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145-155.

Arikunto, S. (1998). Pendekatan Penelitian.

Duli, N. (2019). Metodologi Pendidikan Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Hamid, A, M., Ramadhani, R., Masrul , M.,Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Lestari, E. T (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar Deeoublish..

Mamuaja, M. P., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., & Pratasik, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Stella Maris Tomohon. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4458-4469.

Paende, A., Mewengkang, A., & Batmetan, J. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(5), 715-723.

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 359-373.

Setiawan, F., Febriyana, E., Dianti, E. F., & Sari, M (2022). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Interaktif Terhadap Kemudahan Penggunaan Dan Minat Belajar Siswa SMK Jurusan TKJ Se-Kecamatan Natar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(1)

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Higinik, . S., Sumayku, J., & Liando, O. E. S. (2023). Pengaruh Pengguanaan Media Edukasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 467-479. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7505