Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 3 Manado

Authors

  • Noviyanti Clarita Kakomere Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7588

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Dasar Desain Grafis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 3 Manado peneliti mendapati masalah pada hasil siswa kelas X TKJ II tanpa terkecuali hasil belajar dasar desain grafis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember tahun 2022 dan dilakukan pada kelas X TKJ II dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dassar desain grafis siswa dari penerapan di siklus yang pertama sampai penerapan pada siklus yang kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pebelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Abullah. (2011). Pengertian tentang sekolah.

Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca Di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional, 77-85.

Helfand, J. (2019). Pengertian desain grafis.

Ikawati, H. D., Anwar, Z., & Safitri, N. E. (2018). Efektifitas Pembelajaran Model Contextual Teaching dan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 59-65.

Mulyono, A. (2018). Anak Berkesulitan Belajar, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Norrazifti, S., & Dian, R. N. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4).

Puspitasari, E. (2016). Pendekatan pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Rokhmini, N. H. (2019). Implementasi Media Interaktif Audio Visual dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunadaksa pada Mata Pelajaran Tuntunan Shalat di SLB Negeri Cendono Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik, Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Satriani, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan pendekatan STEM dalam pembelajaran berbasis masalah. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 207-213).

Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Wartini, A., Hadi al-asy’ari, M. K., & Multahada, A. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar, 23(1), 151-164.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Kakomere, N. C., Mewengkang, A., & Liando, O. E. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 3 Manado. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 491-498. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7588