Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 3 Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7588Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Dasar Desain GrafisAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 3 Manado peneliti mendapati masalah pada hasil siswa kelas X TKJ II tanpa terkecuali hasil belajar dasar desain grafis Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember tahun 2022 dan dilakukan pada kelas X TKJ II dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dassar desain grafis siswa dari penerapan di siklus yang pertama sampai penerapan pada siklus yang kedua Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis < em>< p>
References
Abidin Y 2014 Desain Sistem Pebelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 Bandung: PT Refika Aditama
Abullah 2011 Pengertian tentang sekolah
Dewi P Y A 2019 Gerakan Membaca Di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Prosiding Nasional 77 85
Helfand J 2019 Pengertian desain grafis
Ikawati H D Anwar Z Safitri N E 2018 Efektifitas Pembelajaran Model Contextual Teaching dan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Journal of Education and Instruction JOEAI 1 2 59 65
Mulyono A 2018 Anak Berkesulitan Belajar Diagnosis dan Remediasinya Jakarta: Rineka Cipta
Nabillah T Abadi A P 2020 Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa Prosiding Sesiomadika 2 1c
Norrazifti S Dian R N 2019 Pengaruh Model Problem Based Learning PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan Jurnal Pendidikan Hayati 5 4
Puspitasari E 2016 Pendekatan pendidikan karakter Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial Ekonomi 3 2
Rokhmini N H 2019 Implementasi Media Interaktif Audio Visual dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunadaksa pada Mata Pelajaran Tuntunan Shalat di SLB Negeri Cendono Kudus Tahun Pelajaran 2019 2020 Doctoral dissertation IAIN Kudus
Rusman 2015 Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian Jakarta: Rajawali Pers
Satriani A 2017 Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia dengan mengintegrasikan pendekatan STEM dalam pembelajaran berbasis masalah In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 Vol 1 No 1 pp 207 213
Sudarsana I K 2015 Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia Jurnal Penjaminan Mutu 1 1 1 14
Wartini A Hadi al asy ari M K Multahada A 2017 Menggagas Model Pembelajaran Discovery Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini Intizar 23 1 151 164
