Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung

Authors

  • Celan Andrew Rotty Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djafar Wonggo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7608

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Classroom Action Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan DKV pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital SMK Negeri 6 Bitung dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Classroom Action Research Subjek penelitian adalah siswa kelas X DKV yang berjumlah 17 siswa Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Dalam penelitian terdapat 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi Lembar Tes dan dokumentasi Hasil Penelitian bahwa penerapan model Problem Based Learning PBL sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana siswa bisa aktif dalam pembelajaran apalagi model ini tidak membutuhkan biaya yang besar hanya memerlukan kreativitas dan motivasi dari guru Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 47 meningkat pada siklus II sebesar 76 Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan Model Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X SMK Negeri 6 Bitung < em>< p>

References

Anggraini P D Wulandari S S 2021 Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP 9 2 292 299

Aqib Z Chotibuddin M 2018 Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: PTK Deepublish

Fitria H Kristiawan M Rahmat N 2019 Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas Abdimas Unwahas 4 1

Fitria Y Indra W 2020 Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains Deepublish

Kuntari S Setiawan R Lindawati Y I 2021 Pengaruh Online Learning Berbasis Problem Based Learning PBL Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Kuliah Teori Sosiologi Modern Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11 2 212 220

Kusumawati I T Soebagyo J Nuriadin I 2022 Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme JURNAL MathEdu Mathematic Education Journal 5 1 13 18

Noor S 2020 Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 6 SMAN 7 Banjarmasin Jurnal Pendidikan Hayati 6 1 1 7

Octaviani R Sutriani E 2019 Analisis data dan pengecekan keabsahan data

Sudimahayasa N 2015 Penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar partisipasi dan sikap siswa Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 48 1 3

Zekri Z Ganefri G Anwar M 2020 Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital smk Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20 1 33 42

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(5), 506 512. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7608