Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung

Authors

  • Celan Andrew Rotty Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djafar Wonggo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7608

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Classroom Action Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan DKV pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital SMK Negeri 6 Bitung dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X DKV yang berjumlah 17 siswa. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian terdapat 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, Lembar Tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana siswa bisa aktif dalam pembelajaran, apalagi model ini tidak membutuhkan biaya yang besar, hanya memerlukan kreativitas dan motivasi dari guru. Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 47% meningkat pada siklus II sebesar 76 %. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X SMK Negeri 6 Bitung.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.

Kuntari, S., Setiawan, R., & Lindawati, Y. I. (2021). Pengaruh Online Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Kuliah Teori Sosiologi Modern. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 212-220.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.

Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar, partisipasi, dan sikap siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3).

Zekri, Z., Ganefri, G., & Anwar, M. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital smk. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 33-42.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Rotty, C. A., Komansilan, T., & Wonggo, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 522-528. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7608