Analisis Pola Pembelajaran Dalam Jaringan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means

Authors

  • Darma Fijai Poluan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Indra Rianto Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7611

Keywords:

Analisis, Fuzzy C-Means, Data Mining, LMS, Pembelajaran Daring

Abstract

Pembalajaran dalam jaringan atau biasa disingkat daring merupakan pembelajaran yang terjadi dengan melibatkan media sosial dan perangkat Elektronik. Media pembelajaran daring biasa disebut LMS (Learning Management System) adalah sistem yang sering digunakan dalam instansi pendidikan seperti perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelajaran yang terjadi dalam LMS Amelia Unima dan mempermudah dari pihak universitas untuk melakukan evaluasi mengenai penggunaan LMS berupa sebuah laporan aktivitas dengan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means Klastering dengan aplikasi RStudio. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 mei sampai 22 desember 2022. Sedangkan penelitian dilakukan di Universitas Negeri Manado. Klasterisasi dengan fuzzy c-means menghasilkan pola aktivitas pembelajaran yang terbagi menjadi beberapa klaster. Pra-prosesing data menggunakan proses data mining. Analisis pola pembelajaran ini dibuat untuk mengetahui hasil akhir dari pengelompokan data aktivitas pembelajaran menjadi sebuah informasi berupa laporan untuk menjadi acuan evaluasi penggunaan LMS.

References

Alizadeh, S., Ghazanfari, M., & Fathian, M. (2008). Using Data Mining for Learning and Clustering . International Journal of Computational Intelligence, 118-125.

Dewi, D. A., & Pramita, D. A. (2019). Analisis Perbandingan Metode Elbow dan Sillhouette pada Algoritma Clustering K-Medoids dalam Pengelompokan Produksi Kerajinan Bali. Jurnal Matrix, 102-109.

Nuryani, S. (2021). Learning Manajement System Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pada Masa Pandemi (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)

Rohmah, D. S., & Saputro, D. R. (2020). Clustering Data dengan Algoritme Fuzzy c-Means Berbasis Indeks Validitas Partition Coefficient and Exponential Separation (PCAES). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 58-63.

Rosmiati, & Rusdiana, L. (2016). APLIKASI BERBASIS FUZZY C-MEANS DALAM PENENTUAN . Ilmiah Ilmu Komputer, 1-9.

Sari, R. N., & Purwanto, I. (2023). Data Mining Peminatan Mata Kuliah Pilihan Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Informatika Menerapkan Algoritma C4. 5. Bulletin of Computer Science Research, 3(3).

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86.

Suryanegara, G. A., Adiwijaya, & Purbolaksono, M. D. (2021). Peningkatan Hasil Klasifikasi pada Algoritma Random Forest untuk Deteksi Pasien Penderita Diabetes Menggunakan Metode Normalisasi. RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 114-122.

Syarief, S. B., Darwiyanto, E., & Effendy, V. (2014). Penggunaan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Analisis Web Usage Mining (Studi Kasus : Aktifitas Internet Telkom University). e-Proceeding of Engineering, 550-557.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Poluan, D. F., Kaparang, D. R., & Rianto, I. (2023). Analisis Pola Pembelajaran Dalam Jaringan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 529-542. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7611