Pengembangan Video Pembelajaran Gerbang Logika untuk SMK
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7625Keywords:
Video, Media Pembelajaran, Gerbang Logika, SMKAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah: < em>untuk merancang video pembelajaran yang dapat mendukung dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran sistem komputer Materi Gerbang Logika di SMK Negeri 1 Tondano< em> Penelitian ini menerapkan metode Research amp; Development dengan menggunakan prosedur pengembangan Multimedia Development Life Cycle MDLC Enam tahapan dalam MDLC antara lain concept design material collecting assembly testing distribution Setelah lolos uji validitas dari ahli materi serta ahli media dilanjutkan untuk tahap pengujian Proses pengujian melibatkan siswa siswi kelas 10 yaitu berjumlah 30 orang pengujian dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano Pendekatan analisis menggunakan metode kualitatif serta metode kuantitatif dalam menilai seberapa layak media pembelajaran yang dihasilkan Penelitian menunjukkan hasil yaitu a menciptakan video pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano untuk mata pelajaran sistem komputer b tingkat kelayakan dari video pembelajaran berdasarkan ahli media yaitu 83 7 atau sangat layak ahli materi 97 1 atau sangat layak serta hasil uji coba pada siswa memenuhi syarat sangat layak menjadi alat bantu guru pada pembelajaran siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>
References
Binanto I 2010 Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya Yogyakarta: Andi Offset
Harahap T H Mushlihuddin R Afifah N 2021 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 8 1 377003
Hermawan I 2019 Metodologi penelitian pendidikan kualitatif kuantitatif dan mixed method Hidayatul Quran
Hidayanti L N 2019 Pengembangan Sistem Informasi Akademik User Friendly Untuk Sma Muhammadiyah Kota Tegal Siata Media Elektrika 11 2 65 74
Iktia G Prabaswara A 2021 Pemanfaatan Teknologi Dalam Media Kreatif Profilm: Jurnal Ilmiah Ilmu Perfilman dan Pertelevisian 1 2
Jailani M S 2023 Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1 2 1 9
Munib A D 2011 Pengantar Ilmu Pendidikan Semarang: UNNES Press
Priyambodo E Wiyarsi A Permanasari L 2012 Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 42 2
Putri N M L K Parmiti D P Sudarma I K 2019 Pengembangan video pembelajaran dengan bahasa isyarat berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas V di SDLB B Negeri I Buleleng tahun pelajaran 2017 2018 Jurnal EDUTECH Undiksha 7 2 81 91
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: ALFABETA
