Pengembangan Video Pembelajaran Gerbang Logika untuk SMK

Authors

  • Briyan Lumanauw Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • James Sumayku Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7625

Keywords:

Video, Media Pembelajaran, Gerbang Logika, SMK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: untuk merancang video pembelajaran yang dapat mendukung dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran sistem komputer Materi Gerbang Logika di SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menerapkan metode Research & Development dengan menggunakan prosedur pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Enam tahapan dalam MDLC antara lain, concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Setelah lolos uji validitas dari ahli materi serta ahli media, dilanjutkan untuk tahap pengujian. Proses pengujian melibatkan siswa – siswi kelas 10 yaitu berjumlah 30 orang, pengujian dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano. Pendekatan analisis menggunakan metode kualitatif serta metode kuantitatif dalam menilai seberapa layak media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian menunjukkan hasil, yaitu a) menciptakan video pembelajaran yang akan digunakan oleh siswa kelas 10. SMK Negeri 1 Tondano untuk mata pelajaran sistem komputer, b) tingkat kelayakan dari video pembelajaran berdasarkan ahli media yaitu 83,7% atau sangat layak, ahli materi 97,1% atau sangat layak, serta hasil uji coba pada siswa memenuhi syarat sangat layak menjadi alat bantu guru pada pembelajaran siswa kelas 10 SMK Negeri 1 Tondano.

References

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Hidayanti, L. N. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Akademik User Friendly Untuk Sma Muhammadiyah Kota Tegal (Siata). Media Elektrika, 11(2), 65-74.

Iktia, G., & Prabaswara, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Media Kreatif. Profilm: Jurnal Ilmiah Ilmu Perfilman dan Pertelevisian, 1(2).

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Munib, A. D. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2).

Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan video pembelajaran dengan bahasa isyarat berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas V di SDLB-B Negeri I Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(2), 81-91.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Lumanauw, B., Sumayku, J., & Togas, P. V. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Gerbang Logika untuk SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 552-557. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7625