Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bolaang

Authors

  • Agung Mokodompit Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Alfrina Mewengkang Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7650

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Peneltian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran bebasis proyek. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bolaang dengan jumlah siswa laki-laki 7 dan perempuan 17 orang dan total siswa 24. Dengan presentase hasil belajar pada pretest 37% atau dengan jumlah siswa lulus 9, dan hasil presentase pada siklus pertama adalah 63% dengan jumlah siswa yang lulus 15, dan untuk hasil presentase siklus kedua adalah 88% dengan jumlah siswa yang lulus 21 dari 24 siswa.

References

Andi, N. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin

Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Bagit, I., Sumual, H., & Mewengkang, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(6), 860-873.

Ghozali, I. (2017). Pendekatan scientific learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Hamalik, O. 1994. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Mirahyanti, I. G. A., Sumual, H., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Minat Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 90-99.

Munawaroh, A., & Christijanti, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Journal of Biology Education, 2(1).

Nurogo, L. J., & Wijanarka, B. S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 3(7), 481-488.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2001). Penggunaan media pengajaran dalam PBM. Bandung: Sinar Baru.

Susilowati, I., Iswari, R. S., & Sukaesih, S. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia. Journal of Biology Education, 2(1).

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.

Yansaputra, G., & Pangestika, R. R. (2020). Peningkatan sikap sosial positif melalui outing class permainan tradisional interaktif. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 174-180.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Mokodompit, A., Mewengkang, A., & Liando, O. E. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bolaang. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(4), 558-566. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i4.7650