Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dasar dasar Desain Komunikasi Visual Siswa SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Yusuf Tomisa Sombolayuk Malolo Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Djami Olii Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8630

Keywords:

Multimedia Interaktif, Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK< em>< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual siswa SMK Negeri 1 Tondano Metode yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen tipe Pretest Posttest Control Group design Penelitian ini dilakukan 3 tahapan yaitu tes awal perlakuan dan tes akhir Perlakuan menggunakan multimedia interaktif diberikan pada kelas eksperimen sedangkan kelas control diberikan perlakuan dengan cara konvensional Hasil dari post test dari penelitian ini menampilkan perbedaan yang didapat dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berarti bahwa adanya pengaruh positif dalam penggunaan multimedia interakhif terhadap hasil belajar Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual siswa SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>

ABSTRACT< em>< strong>< p>

nbsp;< em>This study aims to examine the influence of interactive multimedia use on the learning outcomes of Basic Principles of Visual Communication Design among students at SMK Negeri 1 Tondano The method employed is quantitative utilizing a quasi experimental Pretest Posttest Control Group design The research was conducted in three stages: a pre test a treatment and a post test The experimental class received the interactive multimedia treatment while the control class was subjected to conventional methods The results from the post test in this study show a difference in learning outcomes between the control and experimental classes indicating a positive impact of interactive multimedia use on the learning outcomes of Basic Principles of Visual Communication Design among students at SMK Negeri 1 Tondano < em>< p>

References

Green T D Brown A 2002 Multimedia Project In the Classroom USA: Corwin Press Inc

Kapele A M P Parinsi M T Heydemans C D 2023 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 1 23 34

Oroh A Pratasik S Komansilan T 2023 Pengembangan Media Pembelajaran Desain Publikasi Berbasis Android di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 1 45 53

Paat W R L Palilingan V R Umar A F 2022 Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2 6 796 805

Santoso S 2003 SPSS Statistika Parametrik Jakarta: Gramedia

Sudjana N 2014 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono 2011 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sumoked S N Sangkop F I Togas P V 2021 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 4 332 334

Tuna J R Manoppo C T M Kaparang D R Mewengkang A 2018 E Learning Development Process for Operating System Course in VocationalSchool IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 306

Turban D 2002 Aplikasi Multimedia Interaktif Yogyakarta: Gaung Persada

Watson P 2002 The role and integration of learning outcomes into the educational process Active Learning in Higher Education 3 3 205 219

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dasar dasar Desain Komunikasi Visual Siswa SMK Negeri 1 Tondano. (2024). Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 144 151. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8630