Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual Siswa SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Multimedia Interaktif, Model Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual siswa SMK Negeri 1 Tondano. Metode yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi-eksperimen tipe Pretest-Posttest Control Group design. Penelitian ini dilakukan 3 tahapan yaitu tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Perlakuan menggunakan multimedia interaktif diberikan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas control diberikan perlakuan dengan cara konvensional. Hasil dari post-test dari penelitian ini menampilkan perbedaan yang didapat dari hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berarti bahwa adanya pengaruh positif dalam penggunaan multimedia interakhif terhadap hasil belajar Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual siswa SMK Negeri 1 Tondano.
ABSTRACT
This study aims to examine the influence of interactive multimedia use on the learning outcomes of Basic Principles of Visual Communication Design among students at SMK Negeri 1 Tondano. The method employed is quantitative, utilizing a quasi-experimental Pretest-Posttest Control Group design. The research was conducted in three stages: a pre-test, a treatment, and a post-test. The experimental class received the interactive multimedia treatment, while the control class was subjected to conventional methods. The results from the post-test in this study show a difference in learning outcomes between the control and experimental classes, indicating a positive impact of interactive multimedia use on the learning outcomes of Basic Principles of Visual Communication Design among students at SMK Negeri 1 Tondano.
References
Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In the Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Kapele, A. M. P., Parinsi, M. T., & Heydemans, C. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK Kristen 1 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 23-34.
Oroh, A., Pratasik, S., & Komansilan, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Desain Publikasi Berbasis Android di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 45-53.
Paat, W. R. L., Palilingan, V. R., & Umar, A. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas Siswa Kelas XI TKJ SMK Kristen 1 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(6), 796-805.
Santoso, S. (2003). SPSS Statistika Parametrik. Jakarta: Gramedia.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 332-334.
Tuna, J. R., Manoppo, C. T. M., Kaparang, D. R., & Mewengkang, A. (2018). E-Learning Development Process for Operating System Course in VocationalSchool. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306.
Turban, D. (2002). Aplikasi Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Gaung Persada.
Watson, P. (2002). The role and integration of learning outcomes into the educational process. Active Learning in Higher Education, 3(3), 205-219.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.