Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8899Keywords:
PJBL, Hasil Belajar, InformatikaAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran berbasis projek Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen Nonequivalent pretest posttest control group design sampel penelitian diambil dengan Purposive Sampling yang dimana terdapat kelas eksperimen sebanyak 30 siswa nbsp; dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa dengan populasi sebanyak nbsp; 240 siswa Data dalam penelitian ini diambil dan dikumpulkan dari tes awal pretest sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis projek dan tes akhir posttest sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis projek Berdasarkan uji normalitas data menggunakan uji kedua sampel berdistribusi normal Berdasarkan uji homogenitas data menggunakan SPSS diperoleh kedua kelas memiliki varians yang sama atau homogen Pengujian hipotesis dilakukan dengan statistik uji t diperoleh t hitung gt; t tabel Hasil belajar nbsp; siswa dapat dilihat dari nilai rata rata tes kemampuan hasil belajar kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memiliki rata rata nilai sebesar 52 63 meningkat menjadi nbsp; 83 40 setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan nilai rata rata dari kelas kontrol dengan model pembelajaran bervariasi memiliki nilai rata rata sebesar 46 53 meningkat menjadi 70 60 kemudian dari uji hipotesis yang dilakukan mendapatkan hasil t hitung gt; t tabel dimana 6 195 lebih besar dari 2 001 6 195 gt; 2 001 dan Sig 2 tailed sebesar 0 000 yang artinya 0 000 lebih kecil dari 0 05 0 000 lt;0 05 Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek PJBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Informatika di SMA Negeri 3 Tondano < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This research aims to improve student learning outcomes in the Informatics subject for class X SMA Negeri 3 Tondano by using a project based learning model This research uses an experimental research design a Nonequivalent pretest posttest control group design the research sample was taken using purposive sampling where there was an experimental class of 30 students and a control class of 30 students with a population of 240 students The data in this study was taken and collected from the initial test pretest before the project based learning model was implemented and the final test posttest after the project based learning model was implemented Based on the data normality test using a test both samples have a normal distribution Based on the data homogeneity test using SPSS it was found that both classes had the same or homogeneous variance Hypothesis testing is carried out using t test statistics obtained t count gt; t table Student learning outcomes can be seen from the average score of the experimental class learning ability test results before using the project based learning model which has an average score of 52 63 increasing to 83 40 after using the project based learning model and the average score of the control class with varied learning models has an average value of 46 53 increasing to 70 60 then from the hypothesis test carried out we get the results t count gt; t table where 6 195 is greater than 2 001 6 195 gt; 2 001 and Sig 2 tailed is 0 000 which means 0 000 is smaller than 0 05 0 000 lt;0 05 So it can be concluded that there is a significant influence using the Project Based Learning PJBL model in improving the learning outcomes of class X Informatics students at SMA Negeri 3 Tondano < em>< p>
References
Ahadia N Zulmuhibban M Aulia C Claudia N Apriyani N Widiawati R Mertha I G 2021 Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4 1
Almuzhir A 2022 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian 2 2
Azizah N Agustini K Si M Wirawan I M A Kom S Cs M 2018 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Berbantuan CD Pembelajaran Microsoft Office Excel Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Kasus Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Di SMP Maulana Pegayaman KARMAPATI Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 7 2 168 175
Bendah A Sumayku J Mewengkang A 2022 Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 5 675 685
El Noor F R 2013 Pengaruh Model Project Based Learning PjBL Berbantu Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Doctoral dissertation Universitas Pendidikan Indonesia
Halisa N 2022 Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning PjBL berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu Jurnal Biogenerasi 7 2 35 43
Hanesman H 2020 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Voteteknika Vocational Teknik Elektronika dan Informatika 8 1 27 36
Mulyani N Hutahaean J Azhar Z 2022 APLIKASI PENGOLAH KATA Drestanta Pelita Indonesia Press 1 52
Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurnal misykat 3 1 171 187
Nurviani D 2022 Fungsi Menu Dan Ikon Pada Menu Bar Microsoft Powerpoint
Simamora L 2022 Buku Pedoman MS Office
Sinulingga E B Sitompul H Menanti A 2019 Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi TIK Jurnal TIK dalam Pendidikan 6 1
Ul fah Hernaeny M P 2021 POPULASI DAN SAMPEL Pengantar Statistika 1 33
