Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano

Authors

  • Ayu Monika Br Surbakti Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

PJBL, Hasil Belajar, Informatika

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano dengan menggunakan model pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen Nonequivalent (pretest posttest) control group design, sampel penelitian diambil dengan Purposive Sampling yang dimana terdapat kelas eksperimen sebanyak 30 siswa  dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa dengan populasi sebanyak  240 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dan dikumpulkan dari tes awal (pretest) sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis projek dan tes akhir (posttest) sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis projek. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan uji, kedua sampel berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data menggunakan SPSS, diperoleh kedua kelas memiliki varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan statistik uji-t diperoleh t hitung > t tabel.Hasil belajar  siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan hasil belajar kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memiliki rata-rata nilai sebesar 52.63 meningkat menjadi  83.40 setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan nilai rata-rata dari kelas kontrol dengan model pembelajaran bervariasi memiliki nilai rata-rata sebesar 46.53 meningkat menjadi 70.60. kemudian dari uji hipotesis yang dilakukan mendapatkan hasil. t hitung > t tabel dimana 6.195 lebih besar dari 2.001 (6.195> 2.001) dan Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 yang artinya 0.000 lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Informatika di SMA Negeri 3 Tondano.

ABSTRACT

 This research aims to improve student learning outcomes in the Informatics subject for class X SMA Negeri 3 Tondano by using a project-based learning model. This research uses an experimental research design, a Nonequivalent (pretest posttest) control group design, the research sample was taken using purposive sampling, where there was an experimental class of 30 students and a control class of 30 students with a population of 240 students. The data in this study was taken and collected from the initial test (pretest) before the project-based learning model was implemented and the final test (posttest) after the project-based learning model was implemented. Based on the data normality test using a test, both samples have a normal distribution. Based on the data homogeneity test using SPSS, it was found that both classes had the same or homogeneous variance. Hypothesis testing is carried out using t-test statistics, obtained t count > t table. Student learning outcomes can be seen from the average score of the experimental class learning ability test results before using the project-based learning model, which has an average score of 52.63, increasing to 83.40 after using the project-based learning model and the average score of the control class with varied learning models. has an average value of 46.53 increasing to 70.60. then from the hypothesis test carried out we get the results. t count > t table where 6.195 is greater than 2.001 (6.195 > 2.001) and Sig.(2-tailed) is 0.000 which means 0.000 is smaller than 0.05 (0.000<0.05). So it can be concluded that there is a significant influence using the Project Based Learning (PJBL) model in improving the learning outcomes of class X Informatics students at SMA Negeri 3 Tondano.

References

Ahadia, N., Zulmuhibban, M., Aulia, C., Claudia, N., Apriyani, N., Widiawati, R., ... & Mertha, I. G. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Almuzhir, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021/2022. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2),

Azizah, N., Agustini, K., Si, M., Wirawan, I. M. A., Kom, S., & Cs, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Berbantuan CD Pembelajaran Microsoft Office Excel Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Di SMP Maulana Pegayaman). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 7(2), 168-175.

Bendah, A., Sumayku, J., & Mewengkang, A. (2022). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(5), 675-685.

El-Noor, F. R. (2013). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantu Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran TIK (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Halisa, N. (2022). Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu. Jurnal Biogenerasi, 7(2), 35-43.

Hanesman, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 8(1), 27-36.

Mulyani, N., Hutahaean, J., & Azhar, Z. (2022). APLIKASI PENGOLAH KATA. Drestanta Pelita Indonesia Press, 1-52

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Nurviani, D. (2022). Fungsi Menu Dan Ikon Pada Menu Bar Microsoft Powerpoint.

Simamora, L. (2022). Buku Pedoman MS. Office.

Sinulingga, E. B., Sitompul, H., & Menanti, A. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Jurnal TIK dalam Pendidikan, 6(1).

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). POPULASI DAN SAMPEL. Pengantar Statistika 1, 33.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Surbakti, A. M. B., Batmetan, J. R., & Liando, O. E. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(5), 662-672. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/8899