Pengembangan Media Pembelajaran TIK Berbasis Mobile di Kelas X SMAN 1 Lembean Timur
Keywords:
Media Pembelajaran, TIK, MDLC, Testing, ValidatorAbstract
ABSTRAK
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis Mobile di Kelas X SMAN 1 Lembean Timur serta memperoleh tingkat kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan prosedur penelitian dari Sutopo yang lebih dikenal Multimedia Development Life Cycle. Hasil Penelitian ini adalah Berhasil mengembangkangkan media pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan tingkat kelayakan media pembelajaran ini diuji dengan usability testing yang mana media dapat berjalan di berbagai sistem operasi android, usability testing dengan memperoleh nilai 94.2% dengan kriteria sangat layak dinilai oleh siswa, validator media memberi skor 90,47% dengan kriteria sangat layak yang dinilai oleh Dosen PTIK, dan validator materi memberi skor 97,58% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran ini sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
ABSTRACT
This research aimed to develop learning media for Mobile-based Information and Communication Technology (ICT) subjects in Class This research uses the Research and Development method using Sutopo's research procedure, better known as the Multimedia Development Life Cycle. The results of this research are: Successfully developing learning media for Information and Communication Technology (ICT) subjects and the level of feasibility of this learning media was tested with usability testing where the media can run on various Android operating systems, usability testing obtained a score of 94.2% with the criteria being very worthy of being assessed. by students, the media validator gave a score of 90.47% with very decent criteria as assessed by PTIK Lecturers, and the material validator gave a score of 97.58% with very decent criteria. So it can be concluded that this learning media is suitable for use as learning media in Information and Communication Technology (ICT) subjects.
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(1), 1-19.
Akbar, S. D., & Faridatuz, L. (2009). Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Erwoko, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas. Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science, 1(1), 7-13.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Guru, M. P. L. P. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya. UNesa Modul Pendidikan Latihan Profesi Guru, 1(2), 24-36.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Ridha, M., Rubino, R., & Kustiawan, W. (2023). Media Komunikasi Digital Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 165-180.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Wahyuni, M., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2022). Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2944-2950.
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230-239.
Widiatmoko Herbimo, S. T. (2021). Teknologi Jaringan Berbasis Luas (Wan) Smk/Mak Kelas Xi. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 PTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.