Pengembangan Media Pembelajaran TIK Berbasis Mobile di Kelas X SMAN 1 Lembean Timur
DOI:
https://doi.org/10.53682/edutik.v3i5.8908Keywords:
Media Pembelajaran, TIK, MDLC, Testing, ValidatorAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK berbasis Mobile di Kelas X SMAN 1 Lembean Timur serta memperoleh tingkat kelayakan media pembelajaran Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan prosedur penelitian dari Sutopo yang lebih dikenal Multimedia Development Life Cycle Hasil Penelitian ini adalah Berhasil mengembangkangkan media pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK dan tingkat kelayakan media pembelajaran ini diuji dengan usability testing yang mana media dapat berjalan di berbagai sistem operasi android usability testing dengan memperoleh nilai 94 2 dengan kriteria sangat layak dinilai oleh siswa validator media memberi skor 90 47 dengan kriteria sangat layak yang dinilai oleh Dosen PTIK dan validator materi memberi skor 97 58 dengan kriteria sangat layak Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran ini sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK < em>< p>
ABSTRACT< em>< strong>< p>
nbsp;< em>This research aimed to develop learning media for Mobile based Information and Communication Technology ICT subjects in Class This research uses the Research and Development method using Sutopo s research procedure better known as the Multimedia Development Life Cycle The results of this research are: Successfully developing learning media for Information and Communication Technology ICT subjects and the level of feasibility of this learning media was tested with usability testing where the media can run on various Android operating systems usability testing obtained a score of 94 2 with the criteria being very worthy of being assessed by students the media validator gave a score of 90 47 with very decent criteria as assessed by PTIK Lecturers and the material validator gave a score of 97 58 with very decent criteria So it can be concluded that this learning media is suitable for use as learning media in Information and Communication Technology ICT subjects < em>< p>
References
Afandi M 2014 Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar Jurnal ilmiah pendidikan dasar 1 1 1 19
Akbar S D Faridatuz L 2009 Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel Yogyakarta: Cipta Media Aksara
Erwoko E 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science 1 1 7 13
Fathurrohman M 2015 Model model pembelajaran Jogjakarta: Ar ruzz media
Guru M P L P 2011 Penelitian Tindakan Kelas Surabaya UNesa Modul Pendidikan Latihan Profesi Guru 1 2 24 36
Nafiah Y N Suyanto W 2014 Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan Vokasi 4 1
Ridha M Rubino R Kustiawan W 2023 Media Komunikasi Digital Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 7 2 165 180
Sudjana N 2010 Penilaian hasil proses belajar mengajar
Wahyuni M Ananda R Fauziddin M 2022 Kemampuan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Dalam Menulis Proposal Penelitian Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 4 2944 2950
Wahyuni N K A Wibawa I M C Sudiandika I K A 2021 Implementasi Model Pembelajaran PBL Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4 2 230 239
Widiatmoko Herbimo S T 2021 Teknologi Jaringan Berbasis Luas Wan Smk Mak Kelas Xi Gramedia Widiasarana Indonesia
